November 13, 2017

10 Cara Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Smart Leaders, kenyataannya adalah banyak karyawan tidak merasa terlibat dan tertarik dengan pekerjaan mereka. Padahal, jika tingkat ketertarikan mereka tinggi terhadap pekerjaan dan perusahaan, maka semua akan bertumbuh, perusahaan dan karyawan Anda.

Banyak para pemimpin menyadari hal ini, tapi tidak banyak yang mengetahui cara meningkatkan keterlibatan dan ketertarikan karyawan. Hal ini memunculkan pertanyaan dari para pemimpin, “Bagaimana cara meningkatkan keterlibatan karyawan Anda?”

Jika Anda mempertimbangkan strategi jangka panjang untuk menyelesaikan masalah ini, hal pertama adalah mulai dari dasar. Dilansir dari reliableplant.com, sepuluh cara ini akan meningkatkan keterlibatan karyawan.

  1. Rekrut orang yang tepat

Kenyataannya, merekrut individu yang salah merugikan waktu dan biaya Anda. Tidak hanya kemampuan, pengalaman dan kualifikasi yang cocok untuk pekerjaan tersebut, mereka harus orang yang tepat pada tingkat individu. Jika Anda memiliki tim yang dinamis, Anda tidak akan merekrut orang yang tidak mau berpikir “out of the box”.

  1. Pemimpin harus menjadi teladan

Karyawan akan selalu melihat pemimpin mereka sebagai teladan. Pemimpin harus menunjukkan karakter dan perbuatan yang diinginkan ada di dalam diri karyawannya. Jika itu terjadi, maka karyawan akan lebih terlibat dan fokus. Mereka juga akan cenderung bertahan di perusahaan Anda dan tidak pindah ke perusahaan saingan.

  1. Kembangkan kemampuan karyawan Anda

Saat Anda merekrut seseorang, sangat beralasan berasumsi mereka ingin berkembang dalam perusahaan Anda. Mereka tidak ingin melakukan pekerjaan yang sama sepanjang waktu kerja mereka. Sediakan akses untuk pelatihan dan pengembangan yang akan membangun kemampuan mereka. Hal itu akan membuat mereka lebih berharga untuk Anda.

  1. Pastikan manajer mendapatkan pelatihan yang tepat

Karyawan pada level manajer juga harus mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan mereka. jika Anda ingin para pemimpin Anda menjadi teladan, mereka harus menerima pelatihan yang sesuai dengan peran mereka.

  1. Tunjukkan karyawan Anda posisi mereka dalam strategi bisnis Anda

Jika karyawan merasa mereka hanya pelengkap dalam perusahaan, maka ketertarikan dan kerterlibatan mereka akan rendah. Aset terbesar Anda adalah karyawan Anda. Tunjukkan itu kepada mereka, tunjukkan kaitan yang jelas antara peran mereka dan strategi Anda.

  1. Jangan menyembunyikan kebenaran

Para karyawan tidak suka jika manajer tidak transparan. Penghargaan dan kepercayaan bekerja dua arah. Karyawan Anda menginvestasikan waktu dan usaha membantu Anda menumbuhkan bisnis Anda, maka Anda harus memberikan mereka kepercayaan dan tidak menutup-nutupi apa pun.

  1. Pastikan manajer selalu terjangkau

Jika manajer Anda tidak mudah dijangkau, maka karyawan Anda tidak akan bekerja dengan penuh percaya diri. Pemimpin perusahaan Anda harus bersahabatan dan terbuka terhadap kritik, saran dan ide baru. Jika karyawan memberikan masukan yang bisa meningkatkan suatu hal, jangan abaikan.

  1. Jadilah sopan

Kata “tolong” dan “terima kasih” yang sederhana bisa membuat perbedaan dalam produkitivitas. Sopan santun dan menghargai karyawan Anda akan membuat mereka merasa lebih mau bertahan bersama Anda.

  1. Tawarkan fleksibilitas

Sebagai manusia, terkadang masalah pribadi mengganggu hari-hari kerja kita. Saat ini banyak perusahaan yang mulai memberikan waktu kerja fleksibel kepada karyawannya. Hal ini sangat membantu orang tua dengan anak masih kecil. Beberapa perubahan dalam peraturan juga bisa meningkatkan keterlibatan karyawan.

  1. Buat pekerjaan menyenangkan

Rasa bosan di dunia kerja akan membuat karyawan Anda kehilangan semangat. Buat suasana kerja menyenangkan, sesekali ajak karyawan Anda makan siang bersama atau melakukan kegiatan di alam bebas.

Walau terlihat memakan biaya dan waktu, meningkatkan keterlibatan karyawan di dunia kerja akan memberikan imbal balik lebih besar dari yang Anda keluarkan. Selain itu, karyawan Anda akan lebih senang dan bersemangat bekerja bersama Anda.

Tingkatkan kemampuan memimpin Anda dengan membaca buku Developing The Leader Within You

~ Artikel ini sudah dibaca 2 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!