fbpx
September 28, 2017

10 Hal Berbeda Orang-orang Sukses dan Bahagia Lakukan

 

Pencapaian jarang menghasilkan kebahagiaan yang bertahan lama seperti yang Anda pikirkan. Saat Anda mencapai satu tujuan, dua atau tiga tujuan baru cenderung muncul tiba-tiba. Kita terus mencari pencapain baru karena kita cepat terbiasa dengan apa yang telah kita selesaikan. Rasa terbiasa dengan keberhasilan tidak terhindarkan dan membuat frustasi, lebih kuat dari yang Anda kira.

Kunci mengalahkan ini adalah mengejar “prestasi abadi”. Tidak seperti prestasi biasa saja yang menghasilkan kebahagiaan sejenak, kesenangan mengejar prestasi abadi ini bertahan lama setelah langkah awal. Prestasi abadi ini sangat penting karena membedakan antara orang yang sukses dan bahagia dengan orang yang selalu menginginkan lebih.

Penelitian yang dilakukan oleh harvard Business School menyimpulkan orang-orang yang sukses serta bahagia dalam jangka waktu panjang menyusun aktivitas mereka dalam empat kebutuhan utama:

Kebahagiaan: Mereka mengejar aktivitas yang menghasilkan kesenangan dan kepuasan.

Pencapaian: Mereka mengejar aktivitas yang menghasilkan hasil nyata.

Makna: Mereka mengejar aktivitas yang membuat dampak positif bagi orang-orang yang paling berarti.

Peninggalan: Mereka mengejar akitivitas yang nilai dan pengetahuannya bisa mereka wariskan ke orang lain.

Kepuasan yang bertahan lama datang ketika Anda mengejar aktivitas yang mencakup keempat kebutuhan ini. Jika salah satu tidak ada, Anda akan mendapatkan sensasi mengganggu bahwa Anda harus melakukan lebih atau berbeda.

Perilaku yang muncul merupakan tanda seseorang sukses dan bahagia karena mereka mengatasi empat kebutuhan tersebut.

Mereka bersemangat. Orang yang sukses dan bahagia tidak hanya memiliki ketertarikan, tapi juga semangat dan mencurahkan diri mereka sepenuhnya untuk itu.

Mereka melawan arus. Untuk benar-benar sukses dan bahagia, Anda harus mengikuti passion dan nilai yang Anda anut, apa pun taruhannya, bahkan jika harus terlihat berbeda dan melawan arus. Untuk melawan arus, Anda harus bersedia mengambil risiko.

Mereka menyelesaikan yang mereka mulai. Memiliki ide luar biasa tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak melakukannya. Orang sukses dan bahagia mengupayakan idenya membuahkan hasil, mendapatkan kepuasan saat melewati kerumitan dan gesekan dalam prosesnya.

Mereka ulet. Untuk sukses dan bahagia dalam waktu yang lama, Anda harus belajar dari kesalahan, terlihat bodoh, dan mengulanginya lagi tanpa keraguan. Pengusaha-pengusaha yang sukses tidak menghabiskan waktu dan energi mereka tertekan karena kegagalan. Mereka melihat kegagalan sebagai sesuatu yang kecil tapi penting dalam proses mencapai tujuan.

Mereka memprioritaskan kesehatan. Ada sangat banyak kaitan antara kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesan. Orang yang beristirahat dengan cukup dan efektif akan lebih mampu mengatasi stres, meningkatkan fokus, serta memperbaiki mood. Orang yang mengonsumsi makanan sehat serta berolahraga akan meningkatkan fokus, kepercayaan diri, dan energi Anda.

Mereka tidak tenggelam dalam masalah. Di mana Anda memfokuskan atensi Anda menentukan kondisi emosional Anda. Terpaku pada masalah akan membuat Anda memperpanjang emosi negatif dan stres, sehingga menurunkan performa. Orang sukses dan bahagia tidak tenggelam dalam masalah karena mereka sadar berada di kondisi paling efektif saat berfokus pada solusi.

Mereka merayakan kesuksesan orang lain. Orang yang merasa tidak aman terus-menerus meragukan kegunaan mereka, sehingga selalu mencoba mencuri perhatian serta mengkritik orang lain untuk membuktikan diri mereka berharga. Orang yang percaya diri, di lain sisi, tidak khawatir sama sekali karena mereka menarik nilai diri mereka dari dalam. Mereka melihat prestasi orang lain sebagai hal yang hebat, sehingga tanpa sungkan memuji dan merayakannya.

Mereka berpikir out of the box. Orang yang sukses dan bahagia tidak berpikir dengan cara yang sama dengan orang lain. Mereka bersedia menantang kenyamanan, status quo, dan menerima ide baru.

Mereka berpikiran terbuka. Membuka diri untuk orang lain akan tidak berguna jika Anda menghabiskan waktu menentang mereka dan nyaman dengan opini sendiri. Orang sukses dan bahagia menyadari bahwa setiap perspektif menyediakan kesempatan bertumbuh. Mereka mau mencoba mengerti sudut pandang orang lain.

Mereka tidak membiarkan orang lain membatasi kesenangannya. Ketika orang sukses dan bahagia merasa baik tentang sesuatu yang mereka lakukan, opini atau prestasi orang lain tidak akan mengganggu mereka. Mereka tidak membanding-bandingkan diri mereka dengan orang lain, dan tidakt terlalu memikirkan pendapat orang lain.

Orang-orang yang sukses dan bahagia berfokus pada aktivitas yang mengatasi berbagai kebutuhan, tidak hanya pencapaian saat ini.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 51 kali

Share yuk!

One thought on “10 Hal Berbeda Orang-orang Sukses dan Bahagia Lakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!