fbpx
April 17, 2018

15 Kualitas Pendengar yang Baik

Smart Leaders, menjadi pendengar yang baik itu penting, tapi sulit. Banyak kesalahpahaman dan konflik timbul dari kegagalan menjadi pendengar yang baik. Pendengar yang baik bisa merasakan apa yang orang lain rasakan.

Dilansir dari Gavinortlund.com, pendengar yang baik memiliki kualitas berikut:

  1. Mempertimbangkan pernyataan orang lain dengan prasangkanya. Ia bersedia bertanya “Bagaimana ini bisa masuk akal?” dan secara tulus mencari jawaban dari pertanyaan itu dari opini orang lain.
  2. Tidak gegabah mengambil kesimpulan. Pendengar yang baik bersedia memikirkan tentang sesuatu dalam beberapa waktu. Mereka tidak harus segera mengambil kesimpulan tentang sesuatu atau seseorang.
  3. Memperhatikan kata-kata yang disampaikan. Mereka tidak berasumsi bahwa ide yang mereka dengar serupa dengan ide yang pernah mereka dengar hanya karena memiliki persamaan. Mereka menghargai kompleksitas realita dan bersedia membedakan dan memperlakukan orang lain, statemen, dan ide sesuai seharusnya.
  4. Pendengar yang baik bertanya bukan untuk menyerang dan mempermalukan, tapi untuk menjelaskan dan menyaring informasi.
  5. Tidak malas. Mereka bekerja keras untuk memahami, menyisihkan energi untuk mendengar.
  6. Tidak merasa terancam karena tidak mengendalikan percakapan. Pendengar yang baik memberikan pembicara ruang untuk berkomunikasi, tidak berusaha mengendalikan percakapan.
  7. Memahami bahwa setiap orang memiliki cara komunikasi berbeda. Pendengar yang baik menyesuaikan cara mendengar mereka dengan gaya masing-masing orang.
  8. Tidak memotong pembicaraan, kecuali penting dan dengan cara yang baik.
  9. Bersedia mendengarkan walau sulit. Mereka tidak langsung berhenti mendengarkan saat merasa terancam. Mereka bisa mendengarkan teguran dengan baik.
  10. Tidak mempertanyakan motive pembicara. Mereka berprasangka baik bahwa pembicara berusaha berkomunikasi dengan jelas dan benar.
  11. Tidak menyamakan mendengar dengan menyetujui. Pendengar yang baik mengerti bahwa mendengarkan dengan baik memperlengkapi Anda untuk tidak menyetujui, karena Anda akan lebih memahami lebih jelas hal yang tidak Anda sepakati.
  12. Tidak menunggu kesempatan berbicara. Ia benar-benar menghargai nilai kontribusi orang lain.
  13. Yakin bisa belajar dari siapa pun. Pendengar yang baik yakin mereka bisa mendapatkan pelajaran dari siapa pun, termasuk dari anak kecil.
  14. Mengasihi orang lain. Mereka menyadari bahwa mendengarkan berhubungan dengan setiap aspek dalam hubungan. Mereka memahami tidak ada pengganti dari kepedulian tulus terhadap orang lain.
  15. Bersedia berbicara dan merespons. Mereka tidak menyamakan mendengar dengan diam. Pembicara membutuhkan respons yang baik untuk mendapatkan komunikasi yang baik.

Smart Leaders, menjadi pendengar yang baik berarti berusaha memahami dengan tulus. Kita tidak berusaha terlihat menyimak, tetapi benar-benar tercurah sehingga orang yang berbicara pun bisa merasakannya.

Temukan cara memenangkan hati orang lain dengan membaca buku pengembangan diri berjudul 25 Ways to Win With People dari John C. Maxwell.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 23 kali

Share yuk!

One thought on “15 Kualitas Pendengar yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!