fbpx
February 26, 2018

2 Cara Memimpin Seperti Juara Olimpiade

Smart Leaders, kita selalu kagum pada atlet yang berlaga di Olimpiade, apalagi mereka yang merebut medali di kejuaraan olahraga dunia tersebut. Mereka merupakan contoh individu yang menginspirasi. Atlet olimpiade adalah contoh nyata kerja keras dan kedisiplinan.

Sebagai pemimpin, kita bisa meniru praktik yang dilakukan oleh para juara olimpiade untuk mencapai kesuksesan. Seperti dilansir dari INC-Asean.com, ada dua sikap terbaik yang bisa seorang pemimpin tiru.

Kelola perhatian Anda

Atlet olimpiade memiliki fokus yang kuat. Mereka hanya memusatkan fokus pada hal yang bisa mereka kontrol. Hal lain yang tidak bisa mereka kendalikan dan tidak layak menyita perhatian dan energi akan mengalihkan mereka dari tujuan utamanya.

Kita semua akan memiliki masa ketika kita harus mengarahkan usaha—atau lainnya yang bisa Anda kendalikan—untuk menjaga Anda dan tim tetap fokus. Analogi sikap ini adalah dari atlet perahu layar. Atlet perahu layar memusatkan fokus dan usahanya pada hal yang bisa mereka kendalikan—semua yang ada di dalam perahunya. Tetaplah berada di dalam perahu Anda untuk mengatur atensi Anda pada hal yang selalu bisa Anda kontrol.

Bertambah baik setiap hari

Kehidupan atlet olimpiade selalu diisi dengan latihan. Setiap hari mereka memiliki target yang harus dikalahkan. Keberhasilan mereka setiap hari diukur dari capaian yang berhasil mereka capai dan kalahkan.

Kehidupan Anda adalah sebuah laboratorium pribadi yang bisa Anda gunakan untuk membangun kompetensi kepemimpinan Anda. Praktik terbaik ada di mana-mana, begitu juga dengan contoh yang bisa Anda tiru.

Amati, bertanya, mendengar, lalu pelajari. Kemudian, Anda harus memiliki keberanian meminta evaluasi terhadap kinerja dan produktivitas Anda sehingga menjadi lebih baik. Selalu jadikan diri Anda lebih baik setiap hari.

Smart Leaders, aplikasikan dua tips ini dalam kehidupan Anda, maka Anda telah menjejakkan langkah menuju kepemimpinan yang sukses.

Temukan contoh-contoh kepemimpinan orang sukses dengan membaca buku kepemimpinan berjudul How Successful People Lead karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 6 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!