fbpx
February 15, 2016

2 Kebiasaan Buruk yang Sering Anda Lakukan Saat Membaca

Ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap kali sering Anda lakukan tanpa disadari ketika Anda sedang membaca buku. Kebiasaan buruk ini merupakan cara membaca cepat yang salah. Akibatnya kita jadi terhambat untuk membaca buku itu sesuai dengan target yang kita tentukan. lalu, apa sih yang sebenarnya kebiasaan buruk yang menghambat itu? Berikut ini ada 2 kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat membaca buku.

1. Membaca Satu demi Satu Kata.

Karena ketika kecil kita sering diminta untuk mengeja setiap kata yang kita baca, dari yang cuma dibaca huruf ke huruf hingga berkembang ke kata per kata. Dewasa pun kerap kali kita sering mengikuti kebiasaan dari kecil tersebut. Sering kita menelusuri tiap kata dan terkadang mengejanya. Sehingga tanpa sengaja kita membuang-buang waktu kita hanya untuk mengeja kata per kata tersebut. Daripada membaca kata demi kata  akan jauh lebih baik dan lebih cepat ketika Anda membacanya beberapa kata sekaligus atau bahkan satu baris sekaligus dalam sekali lihat.

Berlatihlah membaca cepat, dengan begitu lama kelamaan Anda akan bisa membaca satu baris penuh sekaligus, sehingga Anda cukup menggerakkan bola mata dari atas kebawa saja ketika membaca satu halaman, tidak lagi kiri ke kanan.

2. Melafalkan (Dalam Hati).

Melafalkan bacaan kita, bisa satu kata demi kata melalui mulut atau dari dalam hati. Ini akan sangat memperlambat kecepatan kita membaca.Kebiasaan ini disebut vokalisasi jika dilafalkan dengan bibir dan subvokalisasi jika dilafalkannya di dalam hati.

Untuk menghilangkan kebiasaan ini, Anda harus tahu ketika Anda melakukan vokalisasi atau subvokalisasi. Ketika Anda membaca artikel ini, apakahnda masih melakukannya? Anda harus menyadari kapan mekanisme otomatis subvokalisasi bekerja dalam diri Anda ketika membaca. Dan ketika Anda menyadarinya, hentikan sekarang juga dan mulailah membaca lagi tanpa subvokalisai.

Kebiasaan ini perlu usaha yang cukup keras untuk dihilangkan. Satu-satunya cara untuk menghilangkan kebiasan ini adalah dengan berhenti melafalkan kata-kata dalam pikiran Anda selama membaca. Anda harus melatihnya dengan sangat sering. tangkap maknanya. Cukup maknanya saja dan terus bergerak maju ke kalimat selanjutnya. (MIC Publishing)

~ Artikel ini sudah dibaca 65 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!