fbpx
March 28, 2018

3 Cara Efektif Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Smart Leaders, kesehatan pencernaan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Pencernaan yang tidak sehat memengaruhi penyerapan nutrisi ke tubuh sehingga memengaruhi kesehatan tubuh.

Meningkatkan kesehatan pencernaan berarti memperhatikan bakteri baik yang ada di dalam organ pencernaan. Success.com menuliskan 3 cara efektif meningkatkan jumlah bakteri baik dalam pencernaan Anda.

  1. Konsumsi makanan berserat

Bakteri pencernaan berkembang baik dalam serat, maka mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan gandum sangat bermanfaat untuk pencernaan Anda. Serat berfungsi sebagai pupuk yang menyuburkan bakteri pencernaan.

Selain menyuburkan pertumbuhan bakteri baik, makanan berserat berfungsi melancarkan pencernaan dan menjaga berat badan. Mengonsumsi makanan berserat ditambah asupan air putih yang cukup akan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

  1. Konsumsi makanan hasil fermentasi

Makanan hasil fermentasi seperti yogurt, kimchee, miso, atau tempe menyediakan bakteri baik untuk tubuh Anda. Mengombinasikan makanan hasil fermentasi dengan makanan berserat akan menggandakan fungsinya dalam meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Tambahkan makanan hasil fermentasi dalam menu Anda dalam porsi kecil dan bertahap untuk menghindari kembung, pembentukan gas, dan efek samping lain.

  1. Jangan cuci tangan berlebihan

Mencuci tangan dengan sabun antibakteri secara berlebihan akan membunuh bakteri baik dan membuat bakteri jahat menjadi lebih kuat. Banyak ahli menyarankan untuk mencuci tangan dengan air bersih saja sebelum makan, tidak usah dengan sabun antibakteri. Hal ini akan membuat Anda terpapar lebih banyak bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan.

Smart Leaders, tingkatkan kesehatan pencernaan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan sehingga produktivitas Anda tetap maksimal.

~ Artikel ini sudah dibaca 13 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!