fbpx
April 26, 2018

3 Kesalahan Dalam Memberikan Evaluasi Membangun

Smart Leaders, memberikan evaluasi dan umpan balik membangun tidak sesulit ketika kita jadi pihak yang menerimanya. Namun, memberikan evaluasi tetap memiliki tantangan sendiri.

Tujuan Anda memberikan evaluasi adalah memperbaiki tingkah laku dan membantu orang menjadi lebih baik dalam pekerjaannya. Memberikan evaluasi harus dilakukan dengan baik. Namun, ada beberapa kesalahan yang terjadi saat memberikan evaluasi membangun tanpa kita sadari.

Dilansir dari FastCompany.com, beberapa frasa yang Anda ucapkan dalam memberikan evaluasi malah membuatnya tidak membangun.

  1. “Anda selalu…”

Kata “selalu” terlihat sebagai sebuah kata yang biasa saja. Namun kata ini menggambarkan kesalahan itu selalu terjadi berulang sehingga jadi bahan evaluasi kepada orang lain.

Mungkin benar, tapi kritik membangun saja sudah cukup sulit diterima tanpa ditambah perasaan Anda terus-menerus melakukan kesalahan yang sama. Jadi, hindari penggunaan kata selalu ketika memberikan evaluasi membangun.

  1. “Semua orang memperhatikan bahwa…”

Menerima masukan dari orang lain bisa jadi membantu, tapi juga kadang memalukan. Hal terakhir yang ingin Anda alami adalah menerima komentar negatif dan menjadi bahan pembicaraan teman-teman sekantor.

Anda tidak perlu meneruskan gosip atau pergunjingan yang ada di kantor kepada orang yang akan Anda evaluasi. Yang penting bukanlah berapa orang yang melihat sikap tidak tepat itu, tapi yang penting adalah orang tersebut sadar bahwa ia perlu memperbaiki sikapnya tersebut.

  1. “Jika saya jadi Anda…”

Kritik membangun secara umum diterima lebih baik jika didasarkan pada fakta daripada hanya sekadar opini. Tidak semua orang bekerja dengan cara yang sama. Maka, hanya karena Anda melakukan sesuatu berbeda tidak berarti cara orang lain itu salah dan harus diperbaiki.

Smart Leaders, memberikan kritik membangun tidaklah sesulit dan mencemaskan seperti menerima dan mengimplementasikan kritik. Tapi tidak terlalu berbeda.

Jangan gunakan frasa di atas ketika memberikan evaluasi, maka kritik membangun Anda akan memberikan dampak lebih baik.

Temukan tips memengaruhi orang lain dengan membaca buku pengembangan diri berjudul How to Influence People dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 19 kali

Share yuk!

One thought on “3 Kesalahan Dalam Memberikan Evaluasi Membangun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!