February 13, 2018

3 Langkah Menguasai Cara Mendelegasikan

Smart Leaders, pemimpin hebat adalah pemimpin yang bisa mendelegasikan. Menjadi pemimpin bukan berarti Anda harus mengerjakan semuanya, tapi menginspirasi orang lain menyelesaikan lebih banyak hal sementara Anda mengurangi keterlibatan di dalamnya.

Supaya hal itu terjadi, Anda harus bisa mendelegasikan. Bagi pemimpin baru, belajar mendelegasikan bukanlah hal yang mudah. Mendelegasikan butuh komunikasi yang baik, kepercayaan, dan tim yang solid. Success.com menuliskan tiga langkah yang bisa Anda lakukan untuk menguasai cara mendelegasikan.

  1. Bangun dasarnya

Ini adalah langkah terpenting. Seperti sebuah rumah tidak bisa berdiri tegak tanpa pondasi yang kuat, maka sebuah organisasi tidak bisa berjalan tanpa tim yang kuat dan bisa diandalkan di dalamnya.

Ketika memilih tim, cobalah memahami mereka sebagai manusia, tidak hanya anggota tim saja. Pahami kekuatan, impian, dan semangat individu mereka. Posisikan tim Anda sesuai dengan kekuatan mereka, jangan salahkan mereka ketika tim Anda tidak mencapai hasil yang diharapkan.

  1. Komunikasikan dengan jelas

Bagaimana mungkin Anda bisa mengharapkan tim bisa menjalankan visi Anda jika mereka tidak benar-benar memahami mimpi Anda. Rencanakan beberapa kali tatap muka dengan anggota tim. Temui mereka perorang atau dalam kelompok. Mereka harus mengerti tujuan akhir, gambaran besar, dan juga jalan yang harus ditempuh dengan berbagai tolok ukur untuk menjaga semangat mereka.

  1. Lakukan hal yang benar

Pendelegasian yang sukses bisa jadi hal yang rumit. Anda harus memberikan mereka kebebasan menyelesaikan pekerjaan tanpa merecoki mereka terus menerus. Namun, Anda juga tidak bisa meninggalkan mereka begitu saja. Ambil jalan tengah dengan memahami cara kerja tim Anda dan tetapkan tujuan-tujuan kecil sebagai tolok ukur keberhasilan tugas tersebut.

Smart Leders, pendelegasian akan mengembangkan tim Anda, dan memberikan Anda ruang untuk berfokus pada hal yang lebih besar dan penting. Lakukan peninjuan secara rutin untuk memantau perkembangan tim Anda.

Kembangkan tim Anda, dan pelajari hukum dalam membangun kerja sama tim dengan membaca buku pengembangan tim yang berjudul The 17 Indisputable Laws of Teamwork karya John C. Maxwell

 

 

~ Artikel ini sudah dibaca 2 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!