fbpx
May 19, 2015

4 Cara Memimpin dari Garis Depan

Memimpin dari Depan, menurut definisinya, adalah pemimpin harus berada di garis depan saat diperlukan, selalu bertanggung jawab atas semua tindakan yang dilakukan pasukan saat menjalankan tugas yang diberikan. Dengan demikian, saat kita memberikan tugas, karyawan kita dapat yakin bahwa kita memang memahami dan mengalami sendiri apa yang kita minta mereka lakukan. Kita pernah merasakan dan mengalaminya.

Untuk melatih penerapan memimpin dengan teladan, cobalah 4 langkah berikut:

  1. Jangan menghindari kesulitan
    Saat ada tugas tidak menyenangkan dan Anda mengalihkannya pada orang lain, Anda mengawali tugas itu dengan sikap negatif. Pastikan karyawan Anda tahu Anda pernah mengerjakan semua hal yang Anda tugaskan pada mereka dan siap melaksanakannya lagi.
  2. Jangan gentar
    Salah satu tugas terpenting pemimpin adalah membuat keputusan. Apa pun masalah yang harus dibereskan, masalah itu akan semakin parah jika dibiarkan lebih lama. Ketahui seluruh faktanya, dan seperti yang dikatakan oleh Sersan James, “Lakukan sesuatu!”
  3. Bicara dengan tegas
    Pemimpin harus memastikan karyawan berkata jujur kepada pemimpin. Ada dua cara agar kejujuran ini dapat dinyatakan: jujurlah dengan anggota tim Anda, dan jangan hukum karyawan yang menyampaikan berita buruk. Yang terutama, tegaskan, bahwa orang yang ingin mengungkapkan kritik tidak akan dihalang-halangi.
  4. Singkirkan ego Anda
    Pemimpin harus waspada terhadap bahaya yang disebut ego. Ketika mengenakan mantel kepemimpinan, Anda akan tergoda untuk menolak tugas-tugas yang dapat merendahkan Anda di mata orang lain. Benar, Anda harus tegas, tapi kerjakan dulu bagian Anda. Dan jika Anda menganggap keputusan yang Anda ambil gagal, jangan takut malu. Akui kesalahan Anda dan teruslah maju.

Temukan inspirasi memimpin lainnya dari Ed Fuller, Pemimpin Marriott Lodging International, dalam buku You Can’t Lead Your Feet on the Desk.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 16 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!