fbpx
May 28, 2018

4 Nilai Penting Karakter

Smart Leaders, cara seseorang menangani keadaan hidupnya mengatakan banyak hal mengenai karakternya pada Anda. Krisis tidak membentuk karakter seseorang, krisis mengungkapkan karakter seseorang. Kesulitan adalah sebuah persimpangan yang membaut seseorang memilih salah satu dari dua jalan: karakter atau kompromi. Setiap kali memilih karakter, ia menjadi lebih kuat, sekalipun jika pilihan itu membawa konsekuensi yang negatif.

Pengembangan karakter adalah bagian terpenting dari pengembangan kita sebagai pemimpin dan sebagai manusia. Untuk itu, kita harus mengetahui nilai-nilai penting dari sebuah karakter.

  1. Karakter lebih dari sekadar ucapan

Siapa pun dapat mengatakan bahwa ia memiliki integritas, namun tindakan adalah indikator yang sesungguhnya dari karakter. Karakter Anda menentukan siapa diri Anda. siapa diri Anda menentukan apa yang Anda lihat. Apa yang Anda lihat menentukan apa yang Anda lakukan. Itulah sebabnya mengapa Anda tidak dapat memisahkan karakter seseorang dari tindakannya.

  1. Bakat itu pemberian, karakter itu pilihan

Ada banyak hal yang tidak bisa dikendalikan dalam hidup kita. Kita tidak bisa memilih orang tua, lokasi dan keadaan kita dilahirkan, dan lainnya. Namun kita bisa memilih karakter kita. Faktanya adalah kita menciptakannya setiap kali mengambil keputusan: menggali dan memperoleh hasil dari situasi yang sulit, membelokkan kebenaran atau mempertahankannya. Ketika menjalani hidup atau mengambil keputusan hari ini, Anda terus menciptakan karakter Anda.

  1. Karakter memberi kesuksesan

Kepemimpinan sejati selalu melibatkan orang lain. Para pengikut tidak memercayai dan tidak akan terus mengikuti pemimpin yang cacat karakternya.

  1. Karakter membatasi pertumbuhan

Apakah Anda pernah melihat orang yang sangat berbakat bisa tiba-tiba jatuh ketika mencapai tingkat kesuksesan tertentu? Kuncinya adalah karakter. Steven Berglas, psikolog dari Harvard Medical School, mengatakan baha orang yang bisa meraih tingkat yang sangat tinggi namun tidak mendasarinya dengan karakter yang kokoh untuk menahannya menghadapi tekanan sesungguhnya sedang menyambut bencana.

Smart Leaders, sebagai pemimpin, karakter adalah aset Anda yang paling penting. Respek yang harus dimiliki dalam kepemimpinan membutuhkan etika.

Temukan cara mencapai kesuksesan sejati dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Success 101 dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 28 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!