fbpx
May 22, 2018

4 Sifat yang Menghalangi Kesuksesan

Smart Leaders, ada saat-saat kita terbangun dengan energi melimpah dan siap menghadapi hari. Tantangan yang hadapi hari ini terlihat mudah. Namun, ada saatnya ketika Anda mendapati diri tidak bergairah dan tanpa energi untuk menghadapi hari. Akibatnya, Anda kehilangan waktu produktif dalam hitungan menit, jam, hari, bahkan bulan dan tahun.

Karena Anda tidak terbangun setiap hari dengan energi melimpah, maka Anda harus mencari cara untuk memunculkan energi yang dibutuhkan untuk memunculkan produktivitas. Namun, Anda harus memahami terlebih dahulu apa yang menghalangi Anda mengambil tindakan mencapai kesuksesan. Dengan memahaminya, Anda bisa mengatasi tantangan yang tidak Anda sadari.

Addicted2Success menuliskan empat sifat yang menghalangi kesuksesan dan sifat  yang bisa Anda tanamkan untuk mengatasinya.

  1. Atasi apatis dengan tujuan

Apatis ditunjukkan dengan tidak adanya perhatian. Sifat ini muncul saat Anda lelah atau mengerjakan terlalu banyak hal sekaligus. Saat Anda tidak bisa melihat adanya kemajuan karena banyaknya hal yang Anda lakukan sekaligus, Anda bisa dengan mudah berhenti peduli.

Tujuan memberikan dorongan dalam kehidupan Anda. Menjalankan hidup berdasarkan tujuan merupakan senjata terbaik melawan apatis. Mengetahui tujuan memberikan Anda standar untuk mengukur kemajuan, memotivasi Anda berpikir, bertindak, dan mencapai kesuksesan.

  1. Atasi menunda-nunda dengan tindakan

Penundaan terjadi saat Anda sudah siap menyingsingkan lengan baju bekerja keras, namun tergoda oleh episode terbaru serial televisi kesukaan Anda. Bisa jadi setelah selesai menonton satu episode saja, pola pikir produktif Anda menguap begitu saja, memunculkan apatis, ketakutan, dan menyebabkan penundaan lagi.

Tindakan adalah lawan dari penundaan. Saat usaha Anda berfokus pada menyelesaikan tugas, tindakan membantu mendorong Anda. Bagi-bagilah proyek besar menjadi langkah-langkah lebih kecil yang mudah dikelola. Hal ini akan memunculkan momentum yang mendorong Anda mencapai tujuan.

  1. Atasi ketakutan dengan keberanian

Ketakutan adalah emosi menghancurkan yang semua orang hadapi, dan jika Anda tidak berhati-hati maka hal itu akan menghentikan Anda. Ketakutan akan menanamkan dalam diri bahwa Anda tidak akan bisa mencapai impian Anda.

Anda tidak akan bisa mengalahkan ketakutan jika Anda tidak mengidentifikasinya. Dengan mengidentifikasinya, lalu bersedia menghadapinya, maka keberanian Anda akan muncul. Keberanian memberikan Anda kekuatan untuk melakukan hal yang Anda pikir tidak mungkin.

Mengembangkan hubungan dengan mentor—seseorang yang bersedia mengatakan kebenaran kepada Anda—penting untuk sukses menghadapi ketakutan. Dengan adanya bantuan, Anda bisa mengidentifikasi, lalu membuat penyesuaian yang diperlukan untuk menghadapi ketakutan yang menghalangi Anda.

  1. Atasi kewalahan Anda dengan fokus

Jika Anda berkomitmen lebih banyak daripada yang bisa Anda lakukan, Anda akan kewalahan. Menyeimbangkan dan memberikan waktu yang cukup untuk semua aspek kehidupan merupakan sebuah tantangan. Anda mungkin akan kewalahan saat kolega Anda meminta bantuan sementara ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan membutuhkan fokus Anda.

Berfokuslah pada hal terpenting yang memengaruhi kesuksesan Anda. Ketika Anda berfokus pada tujuan, mengambil tindakan yang perlu, dan mengembangkan keberanian untuk maju, maka Anda akan menang.

Smart Leaders, sifat manakah dari empat di atas yang perlu Anda fokuskan untuk mencapai kesuksesan? Berfokuslah untuk memperbaikinya.

Temukan rahasia kesuksesan dari Napoleon Hill dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Napoleon Hill’s Key to Success.

~ Artikel ini sudah dibaca 25 kali

Share yuk!

2 thoughts on “4 Sifat yang Menghalangi Kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!