fbpx
April 27, 2018

4 Ucapan Ini Akan Merusak Kredibilitas Pemimpin

Smart Leaders, sebagai pemimpin, anak buah Anda akan memperhatikan bagaimana Anda bertindak dan berucap terus-menerus. Maka, memperhatikan pemilihan kata Anda menjadi sangat penting.

Dilansir dari FastCompany.com, empat ucapan ini walau terlihat tidak berbahaya, tapi bisa merusak kredibilitas Anda dan menghancurkan tim.

  1. “Teruskan mengerjakan apa yang Anda lakukan sekarang.”

Pemimpin sering mengatakan ucapan ini kepada anggota tim yang memiliki kinerja tinggi. Niatnya adalah mendorong mereka mempertahankan kinerja dengan memujinya karena bekerja baik.

Namun bagi pekerja dengan kinerja tinggi, ucapan seperti ini malah membuat frustasi. Mengapa? Mereka ingin kariernya melejit, sehingga membutuhkan evaluasi yang akan membantu mereka bertumbuh. Tidak adanya kritik membangun membuat mereka tidak merasa diperhatikan.

  1. “Sudah jelas kan?”

Walau ucapan ini terdengar masuk akal, tapi tidak selalu memberikan gambaran yang akurat atau apakah anggota tim Anda mengerti pesan yang disampaikan. Seorang pemimpin kadang memberikan terlalu banyak informasi dalam satu waktu sehingga sulit dimengerti secara keseluruhan oleh anggota tim Anda. Apalagi jika dalam kelompok, orang cenderung tidak mau bersuara karena akan terlihat sebagai satu-satunya yang bingung.

Jangan banjiri anggota tim Anda dengan informasi dalam satu waktu. Potong-potong informasi Anda, lalu akhiri penyampaian Anda dengan review singkat. Hal ini akan memudahkan orang lain mencerna informasi yang Anda sampaikan.

  1. “Kegagalan bukanlah sebuah pilihan.”

Ucapan ini akan membuat anggota tim Anda takut berinovasi dan melakukan hal baru karena takut gagal. Kegagalan harusnya jadi sebuah bahan pembelajaran dan bertumbuh. Jika tim Anda takut gagal, maka tim Anda tidak akan pernah menghasilkan inovasi baru dan bertumbuh.

Jangan cegah anggota tim Anda mengambil risiko. Pastikan bahwa risiko tersebut terukur, dan sebisa mungkin dihindari. Jadikan setiap kegagalan dan kemunduran sebagai bahan pembelajaran dan pertumbuhan.

  1. “Jangan bawa masalah, bawalah solusi.”

Ucapan ini biasanya dimaksudkan untuk mendorong penyelesaian masalah. Hal ini mencegah karyawan terus-menerus mengeluh tanpa memberikan solusi. Namun, ucapan ini mencegah anggota tim Anda menyampaikan masalah penting yang tidak bisa mereka selesaikan sendiri.

Anda perlu mendorong anggota tim menyampaikan hal yang perlu mereka sampaikan. Buka kesempatan diskusi menyelesaikan masalah rumit, minta saran dan solusi dari pihak lain. Hal ini akan menumbuhkan budaya kolaborasi yang meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan.

Smart Leaders, untuk menjadi pemimpin efektif, Anda harus menjadi pembicara yang hebat. Saat berbicara, pikirkan tujuan dan kata-kata yang ingin Anda sampaikan. Dengan komunikasi yang disampaikan dengan baik, Anda akan memiliki dampak positif dalam tim.

Jadilah manajer yang baik dengan membaca buku kepemimpinan berjudul The New One Minute Manager.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 28 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!