fbpx
February 28, 2018

5 Cara Menerapkan Disiplin Prioritas

Smart Leaders, mencurahkan sedikit fokus pada segala hal berarti Anda tidak berkomitmen pada apa pun. Konsentrasi yang terfokus merupakan salah satu kunci meraih kesuksesan. Agar berfokus, Anda harus memahami prioritas.

Dalam sehari, kita semua diberikan waktu yang sama, 24 jam—tidak kurang dan tidak lebih. Menentukan prioritas menentukan cara kita menggunakan waktu yang kita miliki. Prioritas membantu kita menjadi lebih produktif karena membuat kita berfokus pada hal yang lebih penting daripada hal yang lain.

John C Maxwell menuliskan bahwa prioritas sangat mudah bergeser. Untuk alasan tersebut, prioritas harus terus-menerus dievaluasi dan dijaga. Berikut lima cara yang bisa Anda terapkan untuk menerapkan disiplin prioritas

  1. Mengevaluasi prioritas setiap hari

Prioritas tidaklah tetap, Anda harus meninjaunya setiap hari. Mengapa? Karena kondisi terus-menerus berubah. Begitu juga dengan metode untuk menyelesaikan tugas. nilai-nilai hidup Anda, begitu ditentukan akan tetap selamanya. Anda bisa mengandalkannya. Namun, cara Anda menerapkannya harus fleksibel

  1. Jadwalkan waktu Anda secara cermat

Menurut survey yang dilakukan Day-Timer, Inc., hanya sepertiga pekerja Amerika yang merencanakan jadwal harian mereka, dan hanya sembilan persen yang menindaklanjutinya dan menyelesaikan rencana mereka. Jika ingin menjadi efektif, Anda harus mampu membuat perencanaan. Sebisa mungkin susun jadwal harian Anda sedetail mungkin, sehingga Anda tidak bingung menjalani hari.

  1. Tindak lanjuti rencana Anda

Kebanyakan orang tidak mengerjakan tugas terpenting mereka hingga tengah hari. Mengapa? Kebanyakan menyelesaikan tugas berprioritas rendah agar merasa seolah-olah memiliki pencapaian.

Tugas-tugas paling penting seharusnya tidak dikerjakan setelah hal-hal yang prioritasnya lebih rendah. Jika Anda memprioritaskan hidup dan merencanakan hari, tetapi tidak menindaklanjutinya, hasil yang Anda dapat akan sama dengan orang yang tidak memprioritaskan apa pun.  

  1. Delegasikan jika memungkinkan

Mendelegasikan tugas menunjukkan Anda memberikan kepercayaan pada anggota tim. Jika Anda bisa memotivasi, mendorong, menghargainya dengan baik, maka ia akan semakin baik. Mendelegasikan juga meningkatkan kualitas anggota tim Anda, karena mereka akan belajar dari tugas yang Anda delegasikan tersebut. Mendelegasikan tugas akan memperkuat dan membuat tim semakin efektif.

  1. Berinvestasial pada orang yang tepat

Satu area di dalam area prioritas adalah kebutuhan memprioritaskan cara kita melewatkan waktu bersama orang lain. Jangan sampai kita menghabiskan waktu bersama orang yang menyusahkan, padahal kita seharusnya bersama orang yang berpotensi.

Bagaimana Anda memutuskan dengan siapa Anda melewatkan waktu? Tentu saja, Anda ingin menghargai semua orang dan berusaha memiliki hubungan yang baik dan bermanfaat dengan siapa pun. Namun, Anda seharusnya tidak menghabiskan porsi waktu yang sama dengan semua orang.

Smart Leaders, menyusun prioritas akan meningkatkan produktivitas Anda, mengurangi stres, dan meningkatkan kebahagiaan.

Temukan 12 tindakan harian penjamin kesuksesan di masa depan dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Today Matters karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 33 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!