fbpx
November 28, 2017

5 Cara Pemimpin Membahagiakan Timnya Tanpa Banyak Biaya

Tekanan dan ketegangan di tempat kerja bisa membuat tim Anda kurang efektif, produktif, dan lebih reaktif—yang akan menimbulkan lebih banyak stres. Stres menular kepada orang-orang di sekitar Anda, dan itu akan menimbulkan ketidakbahagiaan.

Ada banyak cara menimbulkan kebahagiaan dan mengurangi stres dalam tim Anda. Beberapa cara di antaranya membutuhkan terapi profesional, melibatkan hasil penelitian terbaru sehingga membutuhkan biaya tidak sedikit. Namun, sebagai pemimpin, Anda bisa membahagiakan tim Anda tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Seperti dilansir oleh Enterpreneur.com, lima hal sederhana ini akan meningkatkan kebahagiaan anggota tim Anda tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

  1. Berikan pujian. Pengakuan adalah satu cara terbaik mengembangkan dan mempertahankan anggota tim Anda, meningkatkan performa dan membangun semangat. Ketika anggota tim diberikan pengakuan, dipuji, maka mereka akan menjadi lebih bahagia dan mengurangi stres. Mereka akan menjadi lebih santai, dan lebih percaya diri.
  2. Komunikasikan ekspektasi Anda dengan jelas. Jika tim Anda telah ditunjukkan jalan pengembangan yang jelas sehingga mereka tidak menduga-duga, maka pola pikir mereka akan menjadi lebih produktif. Tim yang telah diberikan arahan yang jelas, maka mereka tidak perlu menduga-duga sehingga menurunkan tingkat stres dalam tim.
  3. Kembangkan budaya kerja yang bahagia. Tempat kerja positif akan lebih sukses sepanjang waktu karena meningkatkan emosi positif dan kesejahteraan. Hal ini akan meningkatkan hubungan masing-masing orang dan meningkatkan kemampuan serta kreativitasnya.
  4. Tanamkan kesenangan bekerja. Penelitian menunjukkan karyawan yang memiliki kesenangan di tempat kerja cenderung jarang sakit, bekerja lebih keras dan produktif. Kesenangan tidak harus memakan biaya besar. Tertawa dengan kolega, merayakan ulang tahun dan merayakan keberhasilan bersama bisa menimbulkan kesenangan. Sebagai pemimpin, jangan batasi diri Anda untuk tetap bercengkerama dan bersenang-senang dengan anggota tim Anda. Mendekatkan diri dengan mereka tidak berarti Anda akan merendahkan diri Anda di mata mereka, sebaliknya, mereka akan lebih menghargai Anda.
  5. Berikan mereka istirahat. Karyawan yang mengambil cuti cenderung kembali dengan kondisi yang lebih segar dan pikiran yang lebih jernih. Mereka kembali dengan fokus yang lebih baik, lebih bahagia sehingga menjadi lebih produktif. Jika tim Anda dilanda stres yang berkepanjangan, kendurkan ketegangan mereka dengan mengajak mereka makan di luar, berlibur, atau berikan waktu istirahat.

Sebagai pemimpin, produktivitas tim akan menentukan kesuksesan secara keseluruhan. Tim yang bahagia cenderung memberikan hasil yang lebih baik dan lebih sukses.

Capai kebahagiaan diri Anda dengan membaca buku The Happiness Project.

~ Artikel ini sudah dibaca 10 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!