fbpx
March 28, 2018

5 Cara Teruji Membangun Kredibilitas Kepemimpinan

Smart Leaders, kredibilitas seseorang menentukan tingkat kepercayaan orang lain pada dirinya. Karenanya, kredibilitas menjadi elemen penting dalam kepemimpinan. Tidak ada seorang pun pemimpin sukses yang bermasalah dengan kredibilitasnya.

Bagaimana cara membangun kredibilitas yang baik? Forbes.com menuliskan cara supaya Anda menjadi pemimpin yang memiliki kredibilitas baik.

  1. Memberikan hasil

Cara ini perlu disebutkan, walau hal ini sudah pasti. Manajemen tidak akan berarti jika tidak berorientasi hasil. Apa pun level kepemimpinan Anda, untuk mendapatkan kredibilitas, Anda perlu memberikan hasil. Tidak akan ada kredibilitas tanpa hasil.

  1. Transparan

Transparansi dalam tim itu penting, supaya Anda mendapatkan dukungan. Jika ingin mendapatkan kredibilitas dan dukungan, maka terbukalah dengan tim Anda. menutup-nutupi fakta dari tim menunjukkan Anda tidak memercayai mereka. Ketika Anda tidak memercayai mereka, maka mereka juga tidak akan memercayai Anda.

  1. Tidak menghindari keputusan sulit

Memimpin ketika segala sesuatu berjalan lancar merupakan hal mudah, tapi ceritanya akan berbeda ketika Anda menghadapi keputusan dan masa-masa sulit. Berani menghadapi masalah dan keputusan sulit menunjukkan kapabilitas Anda sebagai seorang pemimpin yang layak dipercaya.

  1. Konsisten dalam tingkah laku

Anggota tim Anda akan selalu memperhatikan tingkah laku Anda. Jika Anda konsisten antara ucapan dan perilaku, serta selaras dengan nilai yang Anda tanamkan, maka mereka akan memercayai dan mendukung Anda sebagai pemimpin.

  1. Memimpin dengan teladan

Ini adalah hal dasar dalam kepemimpinan yang sering diabaikan. Jika Anda tidak memimpin dengan teladan, maka Anda hanya dianggap “omong doang”. Tidak ada seorang pun yang memercayai pemimpin yang hanya bisa bicara, tapi tidak melakukannya.

Seorang pemimpin yang memiliki kredibilitas akan dipercaya tidak hanya oleh anggota timnya, tapi juga oleh orang lain. Kredibilitas adalah aset tak ternilai dalam kepemimpinan.

Temukan 21 hukum kepemimpinan yang tak terbantahkan dengan membaca buku kepemimpinan berjudul The 21 Irrefutable Laws of Leadership dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 256 kali

Share yuk!

One thought on “5 Cara Teruji Membangun Kredibilitas Kepemimpinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!