fbpx
October 31, 2017

5 Hal ini Dilakukan Pemimpin Baik Setiap Hari,

 

Salah satu kesalahan terbesar manajer yang mengakibatkan tingginya angka pengunduran diri jika dilakukan berulang-ulang dan dengan sengaja adalah menumpuk serta menahan informasi. Mereka melakukannya dengan alasan kekuasaan dan kendali. Namun, kendali adalah salah satu cara paling efektif membunuh kepercayaan. Manajer menumpuk informasi untuk mengendalikan lingkungan dan orang-orang di dalamnya yang tidak bisa dipercaya.

Lawan dari praktik manajemen yang tidak beruntung ini adalah pemimpin bertanggung jawab yang membagi informasi dengan tim. Hal ini membutuhkan kepemimpinan yang berani dan dikenal dengan transparansi.

Menurut Patrick Lencioni dalam bukunya “Five Dysfunction of a Team”, landasan dalam setiap hubungan yang baik adalah kepercayaan. Landasan kepercayaan tidak bisa terjadi tanpa transparansi. Dengan transparansi, anggota tim Anda akan lebih menghormati Anda, bekerja lebih keras, sehingga tim Anda bisa memecahkan masalah lebih cepat.

Dilansir dari INC-asean.com, enam kebiasaan kunci transparansi ini dicontohkan oleh pemimpin terbaik.

Pemimpin baik selalu terbuka membagikan rencana masa depan dan mengomunikasikan hal-hal penting dengan anggotanya. Mereka tidak bersembunyi di dalam ruangan tertutup atau mendelegasikan hal-hal penting kepada orang lain. Anggota tim akan mencari pemimpinnya untuk informasi dan hal yang terjadi. Kredibilitas pemimpin akan meningkat jika mereka berada di garis terdepan atau berbagi informasi kepada setiap anggotanya.

  1. Akui bahwa anggota tim Anda dalah manusia dan memiliki perhatian.

Salah satu masa memimpin paling menantang adalah saat fase transisi atau perubahan. Ketidakpastian menciptakan ketakutan. Pemimpin baik memperbaikinya dengan meyakinkan anak buahnya, memberikan mereka fakta, memberikan dorongan dan menjaga tetap positif. Mereka meminta masukan dari anak buahnya, mendengarkan dengan perhatian, dan menyediakan waktu menerima keluhan dan kecemasannya. Hal ini menciptakan kesempatan berdialog.

Jika Anda tidak tahu jawaban sebuah pertanyaan saat itu juga dan berkata akan mencari tahu, pastikan Anda melakukannya. Memegang kata-kata, bahkan untuk hal kecil pun menunjukkan mereka bisa mengandalkan Anda.

Hal ini sangat membantu ketika hal besar terjadi di masa depan. Mereka bisa memercayai Anda  menghadapinya, yakin Anda akan melakukan hal yang Anda katakan. Tindakan transparansi ini penting dalam membangun kredibilitas sebagai pemimpin, khususnya terhadap karyawan baru.

  1. Berikan mereka gambaran besar.

Salah satu cara melibatkan anggota tim Anda adalah memberikan mereka pandangan tentang hal yang mereka lakukan. Sampaikan bahwa pekerjaan mereka terikat dengan hal yang lebih besar, tujuan akhir, dan misi serta strategi perusahaan. Tidak peduli apa pun yang mereka lakukan, biarkan tim Anda tahu konteks yang lebih besar, tidak hanya apa yang mereka lakukan, tapi kenapa mereka melakukannya. Hal ini akan memberikan keyakinan terhadap masa depan.

  1. Selalu buka jalur komunikasi Anda.

Kebiasaan ini krusial dalam hubungan dengan orang lain.  Banyak perusahaan besar melakukan praktik bisnis dua arah:

  • Membagi visi masa depan mereka dengan anak buahnya
  • Terus-menerus mendengarkan dan merespons sehingga mereka bisa melayani kebutuhan anak buahnya.

Terbuka dengan anggota tim Anda memang terlihat menakutkan pada awalnya. Namun, ketika Anda telah menjalankannya, hubungan Anda dengan tim akan semakin kuat sehingga visi dan tujuan Anda tercapai.

Baca buku The New One Minute Manager untuk menjadi manajer dan pemimpin yang baik.

~ Artikel ini sudah dibaca 18 kali

Share yuk!

3 thoughts on “5 Hal ini Dilakukan Pemimpin Baik Setiap Hari,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!