fbpx
January 29, 2018

5 Langkah Bangkit Setelah Mengalami Kemunduran

Smart Leaders, kemunduran adalah hal yang pasti Anda alami dalam hidup. Namun, tidak semua kemunduran yang terjadi itu sama. Anda mungkin akan menghadapi kemunduran besar yang sangat memengaruhi hidup Anda.

Lima langkah di bawah ini akan membantu Anda keluar dari rasa putus asa dan bangkit dari kemunduran.

  1. Jangan mengasihani diri sendiri

Reaksi alami kita saat mengalami kemunduran atau kegagalan besar adalah mengasihani diri sendiri. Rasa frustrasi yang muncul bisa membuat Anda mengeluarkan kata-kata atau humor sinis. Lebih jauh lagi, Anda mungkin saja menyalahkan orang lain dan situasi atas kejadian tersebut.

Mengasihani diri sendiri akan membuat Anda terlihat menyedihkan. Anda memandang diri sebagai korban dari keadaan. Ubah cara pandang Anda.

Fokuslah pada hal yang bisa Anda kendalikan. Anda bukan orang yang pertama mengalami kemunduran besar, dan juga bukan yang terakhir.

  1. Jangan memperbesar masalah

Saat mengalami stres yang sangat menekan, kita punya kecenderungan melihat segala sesuatu sebagai masalah. Ini adalah reaksi emosional yang bisa dikendalikan. Anda cukup memandang masalah tersebut dengan benar sehingga tidak memperbesar masalah yang ada.

Pahami bahwa keluarga, lingkungan, atau teman Anda bukanlah penyebab kemunduran yang Anda hadapi. Oleh karena itu, jangan lampiaskan stres Anda kepada mereka. Hindari hal-hal yang bisa memicu stres, dan ingatlah hal-hal baik yang Anda miliki dalam kehidupan. Bersyukurlah atas hal-hal yang Anda miliki dan tidak miliki. Hal ini akan membuat Anda tetap memandang masalah tersebut dengan cara yang benar.

  1. Nikmati hidup Anda

Kemunduran dan kegagalan yang Anda hadapi memang membutuhkan perhatian yang lebih. Akan tetapi, jangan biarkan hal tersebut mengendalikan Anda sepenuhnya. Andalah yang harus mengendalikan masalah yang Anda hadapi.

Izinkan diri Anda untuk menikmati hidup. Bercengkeramalah dengan keluarga, teman, serta orang-orang terdekat Anda. Lakukan kegiatan yang menyenangkan hati Anda, seperti berolahraga, memancing, membaca buku, atau bermain musik.

Melakukan hobi dan menikmati hidup bisa mengurangi stres yang Anda alami. Hal ini akan membuat Anda bisa berpikir lebih jernih menghadapi kemunduran atau kegagalan besar.

  1. Dapatkan inspirasi

Supaya Anda bisa bangkit dari kemunduran yang Anda hadapi, pelajari kisah-kisah hidup orang-orang hebat yang menghasilkan hal-hal luar biasa. Orang-orang tersebut juga mengalami berbagai kegagalan dan kemunduran dalam hidup mereka, namun mereka bisa bangkit dan melesat lebih tinggi.

Bacalah buku-buku biografi berbagai tokoh terkenal, dengarkan kisah-kisah hidup yang mereka ceritakan, dan dapatkan inspirasi dari mereka.

  1. Jadilah murid terbaik dari diri Anda sendiri

Kemunduran bisa membunuh kesempatan Anda membangun kebiasaan yang baik dan fokus kembali pada diri. Anda harus selalu mengambil pelajaran dari setiap kegagalan dan kemunduran yang Anda alami. Jadikan hal tersebut membuat Anda bisa melakukan hal lebih baik, dengan pendekatan yan berbeda, sehingga Anda siap menghadapi kondisi yang sama di masa depan.

Smart Leaders, jangan jadikan kegagalan dan kemunduran menghentikan Anda. Teruslah maju, memperbaiki diri, dan mencapai kesuksesan.

Bangkitlah dari kegagalan dan kemunduran dengan membaca buku Failing Forward karya John C. Maxwell.

Sumber: Entrepeneur.com

~ Artikel ini sudah dibaca 37 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!