fbpx
January 12, 2016

5 Latihan untuk Membangun Kepercayaan Diri

Tindakan yang dilakukan dengan penuh percaya diri akan berbuah percaya diri pula. Jadi, berpikir dan bertindaklah dengan percaya diri. Lakukan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut adalah 5 latihan membangaun kepercayaan diri.

Bacalah pedoman-pedoman ini dengan hati-hati. Kemudian, praktikkan dan bangunlah kepercayaan diri Anda.

  1. Duduk di baris paling depan
    Duduk di baris depan akan membentuk kepercayaan diri Anda. Praktikkanlah. Mulai saat ini, sebisa mungkin pilihlah barisan terdepan. Tentu, Anda mungkin terliihat sedikit mencolok, tapi ingat bahwa kesuksesan itu harus mencolok mata.
  1. Lakukan kontak mata
    Anda meremehkan diri Anda ketika menghindari kontak mata. Anda berkata, “Saya takut, Saya kurang percaya diri.” Singkirkan ketakutan Anda dengan menatap mata orang yang Anda ajak bicara. Jika Anda menatap lawan bicara Anda, tatapan Anda menyiratkan, “Saya jujur dan tulus. Saya yakin atas perkataan saya kepada Anda. Saya berani, saya percaya diri.” Biarkan mata Anda bekerja untuk Anda. Tatap langsung mata lawan bicara Anda. Kepercayaan diri Anda pun akan meningkat.
  1. Melangkah lebih cepat dari biasanya
    Terapkan teknik berjalan cepat untuk membangun kepercayaan diri Anda. Busungkan dada, angkat kepala, berjalan lebih cepat, dan rasakan kepercayaan diri Anda bertumbuh. Coba dan rasakan hasilnya.
  1. Praktikkan untuk berbicara
    jangan pernah khawatir Anda tampak bodoh. Anda tidak mungkin seperti itu. Dari sekian orang yang tidak setuju dengan pendapat Anda, kemungkinan ada satu orang yang setuju dengan Anda. Berhentilah bertanya pada diri Anda, “apakah saya berani bicara?” Anda justru harus berkonsentrasi untuk menarik perhatian pemimpin diskusi, sehingga Anda berkesempatan berbicara.
  1. Tersenyum selebar mungkin
    tentu saja Anda tidak ingin tersenyum saat takut atau marah. Tak seorang pun ingin senyum saat itu. Kiatnya adalah memaksa diri Anda mengatakan, “Saya ingin tersenyum.” Maka, tersenyumlah. Manfaatkan kekuatan tersenyum.

 

Temukan inspirasi dan rahasia besar lainnya untuk mengembangakn kualitas pribadi dan kehidupan Anda melalui buku The Magic Of Thinking Big karya David J. Schwartz, Ph.D.

~ Artikel ini sudah dibaca 23 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!