fbpx
October 16, 2017

5 Mitos Kepemimpinan Versi Buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership

Selamat pagi, Smart Leaders!

Menurut buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership, ternyata ada mitos-mitos yang selama ini berkeliaran di dunia kepemimpinan, misalnya saja mitos yang mengatakan Pemimpin sama dengan Manajer. Padahal, ada perbedaan antara keduanya. Pemimpin tidak sama dengan manajer. Banyak orang yang ternyata salah memahami kepemimpinan. Setidaknya ada lima mitos kepemimpinn yang umum kita dengar, antara lain:

  1. MITOS MANAJEMEN
    Memimpin tidak sama dengan mengelola. Kepemimpinan tentang memengaruhi orang lain unyuk mengikuti pemimpin, sementara manajemen berfokus pada sistem dan proses pemeliharaan.
  2. MITOS PENGUSAHA
    Pengusaha ahli melihat peluang dan mengupayakannya. Namun jika mereka tidak bisa memengaruhi orang lain untuk ikut berupaya meraih tujuan, mereka bukan pemimpin.
  3. MITOS PENGETAHUAN
    Kunjungilah universitas besar mana pun, temui ilmuwan, peneliti, dan filsuf brilian ber-IQ tinggi namun kemampuan memimpinnya sangat rendah. IQ tidak selalu sebanding dengan kepemimpinan.
  4. MITOS PELOPOR
    Menjadi yang pertama tidak selalu sama dengan memimpin. Untuk menjadi pemimpin, Anda tidak hanya harus berada di depan, tetapi juga harus memiliki orang-orang yang sengaja bergabung, mengikuti Anda, dan bertindak sesuai visi Anda.
  5. MITOS JABATAN
    Pemimpin TIDAK SAMA dengan pimpinan. Jabatan hanya akan menjadikan Anda pimpinan, bukan pemimpin. Untuk memimpin, buatlah orang lain mengikuti arahan dan visi Anda.

Dengan menerapkan tiap hukum kepemimpinan sejati, Anda bisa menjadi pemimpin yang lebih baik. Temukan pembahasan mendetail semua hukum kepemimpinan dalam buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership (edisi revisi), karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 40 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!