fbpx
April 25, 2016

5 Penulis Blog Yang Sukses Menerbitkan Buku Best Seller

Smart Leaders, pasti tidak asing lagi dengan media yang sudah mendunia ini, yaitu Blog. Blog atau Weblog (catatan di web) adalah media yang digunakan di internet untuk mempublikasikan teks, gambar, dan multimedia lainnya. Istilah sederhananya, blog adalah buku di dunia maya. Rupanya, blog juga bisa membawa penulisnya menerbitkan buku-buku best seller. Wah keren kan? Siapa saja mereka ? berikut Mimin ringkaskan 5 penulis blog yang sukses menerbitkan buku best seller versi MIC Publishing.

Raditya Dika
Nama Raditya Dika sejatinya memang terlahir dari dunia maya. Seorang pelajar yang menggunakan blog sebagai diary pribadinya, telah menempanya menjadi seorang penulis yang karya-karya bisa membuat orang tersenyum dan terinspirasi. Raditya Dika memulai karya tulisnya di blog, dengan menceritakan kisah-kisah kesehariannya dari sudut pandang yang unik dan lucu. Hal itu membuat blognya menjadi ramai pengunjung dan ternyata cukup banyak pembacanya. Ketika Dika memenangi penghargaan Indonesian Blog Award pada 2003, tak lama kemudian blognya dipindah bentuk menjadi buku cetak. Rupanya, kesuksesan mendapatkan pembaca di blog diikuti dengan suksesnya penjualan buku perdananya berjudul “Kambing Hitam : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh” . Kini, Raditya Dika telah menelurkan banyak buku dengan genre yang sama dan buku-bukunya masuk daftar best seller di berbagai toko buku nasional.

Trinity
Hobi travelling dan menuangkan pengalamannya dalam sebuah blog membawa Trinity banyak digemari orang khususnya para penyuka travelling. Blognya di www.naked-traveler.com menjadi “blog wajib” bagi siapa saja yang ingin mendapatkan review tentang tempat wisata sebelum berkunjung kesana. Sukses di blog, trinity pun menjangkau lebih banyak pembaca lewat buku berjudul sama, The Naked Traveler. Dalam bukunya, Trinity mengisahkan perjalanan wisatanya dengan menyajikan berbagai sudut pandang yang belum pernah ditemui di brosur perjalanan wisata manapun. Buku The Naked Traveler pun meraup sukses dan masuk Best Seller. Kini Trinity sudah melahirkan banyak buku lainnya.

Agnes Davonar
Nama Agnes Davonar sekilas adalah nama seorang perempuan. Namun siapa sangka ternyata Agnes Davonar adalah sebuah nama pena dari kakak-adik Agnes dan Davonar. Kedua bersaudara ini rupanya aktif menulis di blog dan telah mendapatkan banyak pembaca setia. Novel-novel online pun lahir dari tangan mereka berdua. Namun sebuah novel berjudul “Surat Kecil Untuk Tuhan” membawa mereka meraih penjualan Best Seller di toko buku, dan beragam penghargaan serta 4 novel lainnya telah diangkat ke layar lebar. Sampai saat ini, Agnes Davonar terus berkarya melahirkan novel-novel menarik lainnya.

Muhammad Assad
Menetap di negeri orang selama beberapa waktu, membuat pria kelahiran 16 Januari 1987 ini membagikan pengalaman dan sudut pandangnya tentang Qatar, negeri yang ditinggalinya saat itu. Kisah-kisah yang menarik, menginspirasi, mencerahkan, hingga mencengangkan disajikannya di blog pribadinya, www.muhammadassad.wordpress.com. Namun ketika dia menawarkan draft tulisannya berjudul “notes from qatar” kepada salah satu penerbit nasional, rupanya itulah lompatan baru dalam kehidupannya sebagai penulis. Buku Notes From Qatar meraih penjualan yang luar biasa, masuk Best Seller, dan membuat Assad menjadi bintang tamu di berbagai acara bertema motivasi di Indonesia. Tak puas dengan 1 buku, Assad kembali melahirkan buku-buku menarik lainnya, diantaranya Sedekah Super Stories, 99 Hijab Stories, dan Good Morning Qatar.

Aulia “Ollie” Halimatussadiah
Ollie adalah nama yang dipilihnya di dunia maya. Bisa jadi karena nama aslinya terlalu panjang untuk diucapkan. Blogger yang satu ini tidak hanya dikenal rajin menulis, namun juga sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan. Sebagai blogger, tulisan-tulisan Ollie sangat dinanti oleh pengunjung webnya. Dan buku-buku yang dilahirkan Ollie terdiri dari beragam genre, mulai dari IT, bisnis, motivasi, hingga tentang menulis. Ollie menjadi salah satu ikon dalam dunia penulisan karena karya-karyanya tak pernah berhenti mengalir meski bisnisnya kini makin menyita waktunya.

Nah Smart Leaders, siap nih yang akan menjadi penerus mereka berlima? Yuk saatnya action dan jangan berhenti di tempat. Have Faith!

~ Artikel ini sudah dibaca 122 kali

Share yuk!

One thought on “5 Penulis Blog Yang Sukses Menerbitkan Buku Best Seller

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!