fbpx
January 26, 2018

6 Cara Membangun Kepercayaan dari Tim Anda

Smart Leaders, kepercayaan dari anggota tim harus ditumbuhkan, tidak didapatkan begitu saja. Sebagai pemimpin, Anda harus membuktikan diri sebagai orang yang bisa dipercaya, dan menunjukkan bahwa Anda juga seorang manusia yang memiliki kelemahan.

INC-Asean.com menulis enam cara membuka diri kepada anggota tim untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

Bertanggung jawab terhadap kesalahan sendiri

Anda tidak perlu takut mengakui kesalahan di depan anggota tim. Mengakui kesalahan akan mendorong anggota tim Anda untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, Anda dan anggota tim harus bisa belajar dari kesalahan yang lalu tersebut.

Melakukan kegiatan di luar kantor bersama-sama

Melakukan kegiatan di luar kantor bersama-sama akan memberikan ikatan yang kuat antara Anda dan tim. Melakukan permainan di alam bebas dan menantang adrenalin seperti arung jeram, panjat tebing, flying fox, atau permainan team building bersama-sama akan menghilangkan kekakuan atasan-bawahan yang sering muncul. Munculnya ikatan dan hilangnya kekakuan akan menimbulkan ikatan serta rasa percaya anggota tim kepada Anda.

Lakukan pengumpulan ide untuk peningkatan produktivitas

Menunjukkan kelemahan Anda bukanlah hal yang salah. Hal ini malah meningkatkan kontribusi dari anggota tim. Menciptakan kesempatan anggota tim menyampaikan kritik, saran dan ide akan membuat mereka merasa didengar, serta memberikan ruang besar untuk peningkatan secara keseluruhan. Tampung semua ide,kritik, dan saran yang masuk. Lalu lakukan perbaikan dalam tim Anda berdasarkan semua masukan tersebut.

Kenali kesamaan Anda

Dengan siapa pun Anda bekerja, pasti ada kesamaan yang bisa ditemukan. Kesamaan ini bisa Anda gunakan untuk membangun hubungan lebih dekat dengan anggota tim. Untuk mengetahui kesamaan dengan mereka, Anda harus melakukan banyak interaksi personal dengan anggota tim. Hal ini tidak hanya membuat Anda menemukan kesamaan, tapi juga mendekatkan Anda dengan anggota tim.

Akui kekurangan Anda

Anda tidak mungkin menjadi ahli di semua bidang. Oleh karena itu jangan malu mengakui kekurangan dan ketidaktahuan Anda kepada anggota tim. Menyampaikan kekurangan Anda kepada anggota tim membuat Anda lebih mudah didekati, sehingga akan memunculkan kepercayaan dari anggota tim Anda.

Menjadikan kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar

Sebagai pemimpin, Anda harus memiliki sikap yang benar menghadapi kesalahan dan kegagalan. Jadikan kesalahan dan kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan lebih baik. Anda harus bersedia memaafkan, dan siap melangkah maju. Sikap seperti ini akan mendorong anggota tim Anda berani mengambil risiko.

Smart Leaders, kepercayaan harus terjadi dua arah. Jika Anda mengharapkan anggota tim memercayai Anda, maka Anda juga harus memercayai mereka terlebih dahulu. Kepercayaan yang terbangun akan meningkatkan produktivitas tim, membuat tim bisa mencapai tujuan dengan lebih cepat dan efektif.

Pelajari hukum-hukum yang berlaku dalam kerja sama dengan membaca buku The 17 Indisputable Laws of Teamwork karya John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 166 kali

Share yuk!

One thought on “6 Cara Membangun Kepercayaan dari Tim Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!