fbpx
September 29, 2017

6 Pelajaran yang Sebagai Pemimpin Bisa Anda Dapatkan dari Pusat Kebugaran

Selama ini kita menganggap pusat kebugaran hanya sebatas tempat berolahraga dan menjaga kondisi tubuh. Judith Humphrey, CCO The Humphrey Group, sebuah firma komunikasi kepemimpinan, bercerita tentang pelajaran yang didapatkannya dari pusat kebugaran.

Seperti yang diceritakannya di fastcompany.com, beberapa tahun lalu ia memutuskan mengunjungi pusat kebugaran dan mendapatkan seorang pelatih pribadi. Latihan beberapa sesi yang ia lakukan di bawah arahan pelatih pribadinya mengajarkannya menjadi pemimpin yang lebih baik.

  1. Fokus pada hubungan individu

Pelatih pribadi memiliki kemewahan berfokus pada satu orang satu waktu. Dalam membangun hubungan individu, pelatih akan melihat Anda sebagai personal, bukan hanya klien dengan prgram latihan tertentu.

Pemimpin efektif perlu mengembangkan pola pikir hubungan individu. Berikan perhatian yang tulus kepada anggota tim Anda. Dalam rapat, jangan melihat ponsel atau jal lain, fokuslah pada anggota rapat. Berikan respon terhadap laporan atau ide yang disampaikan.

  1. Memotivasi, bukan memerintah

Pelatih pribadi terbaik adalah motivator yang baik. Mereka tidak pernah memerintah, mereka memotivasi. Walau program latihan yang direncanakan tidak selamanya menyenangkan bahkan sulit, mereka mendorong dan memotivasi Anda melakukannya.

Sebagai pemimpin, Anda juga harus melakukan hal yang sama. Undang staf Anda mengerjakan proyek baru, tunjukkan cara pekerjaan itu akan membantu meningkatkan karier mereka. Tidak semua pekerjaan menyenangkan, tapi buat tantangan tersebut jadi menyenangkan.

  1. Bersiap menyesuaikan rencana dalam pelaksanaannya

Pelatih pribadi akan menyesuaikan program latihan Anda tergantung dengan progres dan performa Anda. Hal ini juga berlaku untuk pemimpin dan manajer. Anda perlu menyesuaikan dan mengubah rencana yang telah disusun di awal tergantung progres dan performa anggota tim.

  1. Menyediakan waktu untuk mendengarkan

Pelatih pribadi bersedia mendengarkan keluhan Anda terkait program yang direncanakan. Pimpinan terbaik melakukan hal yang sama. Mereka menciptakan lingkungan tempat anggota tim merasa bisa bebas berbicara terbuka dengannya. Ketika seorang anggota tim membantah atau mengajukan keberatan dan mempertanyakan sesuati, jangan langsung bereaksi. Dengarkan tanpa menghakimi, tawarkan solusi yang bisa disepakatai sehingga mereka akan memberikan umpan balik positif.

  1. Tetap positif walau tekanan meningkat

Bahkan saat Anda kesulitan menyelesaikan program, pelatih pribadi akan terus positif dan mendorong Anda. Mereka memotivasi lebih baik daripada mengkritik.

Pemimpin perlu mengaplikasilan pendekatan positif yang sama. Pemimpin bertugas menjaga kepercayaan diri tim dan memberi tahu peningkatan yang mereka lakukan. Bahkan saat tekanan meningkat, mereka perlu terus mendorong anggota tim mereka dengan sikap positif.

  1. Menyesuaikan perintah

Pelatih pribadi menyesuaikan instruksinya tergantung dengan yang mereka latih. Beberapa orang cukup sampaikan apa yang harus mereka lakukan, sebagian lagi perlu diberikan penjelasan lengkap.

Pemimpin efektif perlu menyesuaikan perintah sesuai dengan pribadi anggota tim. Tidak semua anggota tim bisa diberikan instruksi dengan cara yang sama, beberapa perlu instruksi detail, beberapa hanya cukup dengan garis besarnya saja.

Jika Anda bisa menjalankannya dengan baik, seluruh tim Anda akan semakin kuat.

~ Artikel ini sudah dibaca 10 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!