fbpx
April 27, 2016

6 Tips Berhemat Agar Jago Mengumpulkan Tabungan

Smart Leaders, bagaimana nih kisah akhir bulanmu? Apakah mengenaskan? Heheh

Yups hampir separuh bagian dari orang yang sudah bekerja, sering mengalami kekurangan uang di akhir bulan. Itu terjadi karena mereka sering menghabiskan dan membelanjakan seluruh kebutuhan di awal bulannya dan habis ketika mendekati pertengahan bulan. Banyak orang yang sering menganggap menabung itu susah, namun kenyataannya semua berada pada niat awalnya. Siapa bilang menabung itu sulit? Untuk benar-benar bisa melancarkan niat menabung tanpa hambatan, Anda cuma perlu hemat. Tidak perlu khawatir dibilang pelit. Karena, hemat demi tabungan yang bertambah 60-70 % tiap bulannya sah-sah aja kok. Wajib malah hukumnya buat Smart Leaders yang ingin jadi jagoan dalam urusan tabung menabung.

Nah pastinya sebelum menabung, masing-masing dari kita pasti memiliki kiat-kiat maupun cara sukses untuk bisa menabung dengan baik. Kira-kira cara irit yang bisa membantu Anda menabung itu seperti apa ya? Penasaran? Nih, mimin MIC Publishing akan coba membantu Smart Leaders dengan beberapa ide hemat yang jagoan ya, simak dan jangan lupa mencobanya!

 

  1. Karena menabung di akhir bulan itu mitos, jangan lupa menabung saat Anda baru menerima gaji. Agar uangnya tidak sampai Smart Leaders korupsi.

money-640x414

Detik-detik menerima gaji itu rasanya angin surga yang dirindukan. Tak heran juga, kebanyakan teman-teman Anda menikmati gaji di awal bulan dengan makan-makan, belanja atau jalan-jalan.

Alih-alih mengikuti kebiasaan teman, cobalah untuk dengan tegas menyisihkan uang gaji Anda untuk menabung di awal. Jangan lupa juga sisihkan gaji untuk pembayaran tetap setiap bulannya, misanya uang kost atau (untuk Anda yang masih kuliah) uang SPP.

Penegasan ini juga mencegah Anda “korupsi” uang sendiri. Jangan sampai deh, udah tabungan tidak ada penambahan yang signifikan, uang kost juga Anda korupsi sampai ibu kost harus menagihnya berkali-kali ke Anda.

 

  1. Buat Anda yang ngekost, manfaatin fasilitas kantor untuk meminimalisir pengeluaran. Contohnya, kulkas kantor buat menyimpan bahan makanan.

hipwee-mio-z

Semua orang juga sudah pasti tahu, agar pengeluaran makan irit, mau tak mau Anda harus memasak sendiri makanan setiap harinya. Tapi, buat Anda yang ngekost dan sayangnya di kost tak menyediakan fasilitas kulkas. Anda perlu putar otak, seperti memanfaatkan kulkas kantor buat menyimpan bahan makanan seperti sayur-sayuran.

Setiap kali pulang kantor Anda bisa mengambil beberapa bahan yang dibutuhkan untuk Anda masak malam nanti dan keesokan paginya. Nggak perlu malu atau sungkan, asalkan bahan-bahan itu Anda simpan dengan kemasan yang rapi dan bersih. Ingat ya, demi bahan makanan yang mau Anda masak tetap segar selalu.

Intinya, manfaatkan fasilitas gratis di kantor atau kampus untuk menghemat pengeluaran Anda, Smart Leaders.

 

  1. Merawat diri juga wajib, tapi agar hemat, cukup cari aja sampel-sampel masker gratis di internet.

hipwee-mio-z-masker

Jangan jadikan hemat sebagai alasan untuk tidak merawat diri, apalagi sekedar maskeran wajah di rumah. Agar level hemat demi tabungan yang makin meningkat, Smart Leaders tak perlu beli-beli masker, cukup cari aja sampel-sampel masker gratis. Lumayan kan, tetap cantik dan terawat tanpa  perlu mahal?

 

  1. Hemat bukan berarti hidup tak sehat. Coba deh makan buah, tapi pastikan Anda beli buah lokal yang harganya udah pasti lebih terjangkau.

 

hipwee-mio-z-buah-640x427

Saat belanja makanan Anda sering bingung, mau beli buah atau tidak ya. Soalnya harga buah di supermarket biasanya tergolong cukup mahal. Akhirnya Anda pun jadi mengurungkan hasrat untuk membeli buah.

Hei Smaret Leaders, hemat bukan berarti Anda tak bisa hidup sehat, seperti menjaga pola makan dengan tetap mengkonsumsi buah. Agar keputusan membeli buah tak mengganggu proses pengiritan. Anda bisa membeli buah lokal di pasar tradisional yang harganya udah pasti lebih terjangkau. Apalagi, kalau Anda punya keahlian tawar menawar? Wah dijamin Anda bisa membawa pulang buah yang harganya bisa lebih murah dari harga supermarket.

 

  1. Lagi jalan ke mall, eh ada sepatu atau baju lucu. Jangan langsung beli — tunggu dulu 3-4 hari!

hipwee-you-shop-640x427

Smart Leaders salah satu orang yang gampang banget tergiur sama baju, tas, atau sepatu yang dipajang di outlet-outlet pusat perbelanjaan.

Lihat baju lucu dikit pingin, lihat tas atau sepatu yang modelnya kinclong pingin. Kalau kata orang, Anda  itu lapar mata dan sebenarnya itu juga cuma hasrat semata yang besok-besok bisa aja udah hilang begitu aja.

Nah, sebagai alternatif menyikapi kebiasaan yang kurang baik itu. Saat Anda suka dengan sesuatu barang, jangan langsung membelinya. Anda perlu menunggu 3-4 hari, sekadar memastikan apakah hasrat buat memiliki barang itu masih ada atau sudah Anda lupakan?

Malas juga kan ketika barang-barang itu telanjur terbeli, tapi terus Anda bosan dan biarin aja tergeletak di kamar?

  1. Tak bisa hemat kalau tak pangkas uang transportasi. Jangan ragu beralih ke motor berbahan baku bensin yang juga bikin Anda berhemat atau bersepeda.

Yamaha-Mio-Z-Spesifikasi-640x361

Biaya transportasi memang mahal. Di lain sisi, tak mungkin Anda jalan terus demi mencapai destinasi. Dan tak mungkin juga Anda terus-terusan berangkat bersama dan merepotkan teman.

Nah, untuk mengakali biaya transportasi ini, Anda bias beralih ke sepeda motor atau bersepeda dan tak membengkakkan pengeluaran.

Dijamin deh, selain bakal bikin kantong aman, Anda juga lebih nyaman melibas jalanan!

Nah, sampai di sini Smart Leaders, bagaimana tips-tips hemat dari Mimin? Semoga bisa membantu Smart Leaders mengirit pengeluaran di bulan-bulan ke depan deh ya.

PS: Kalau Smart Leaders punya tips hemat yang lebih jitu lagi, jangan takut buat komentar di kolom bawah ini! Jangan lupa share juga yaa …

 

~ Artikel ini sudah dibaca 38 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!