fbpx
October 24, 2016

7 Cara Ini Menemukan Passion dan Menjadikannya Profesi

Smart Leaders, untuk mengubah hidup, salah satu caranya adalah bekerja berdasarkan passion kita. Klise, ya, but it’s true. Soalnya, kalau kita bekerja dalam bidang yang memang kita minati, pasti dilakukannya dengan semangat dan sepenuh hati.

Nikmat banget sih, kalau setiap hari bisa bangun pagi dan disambut hal-hal yang kita sukai? Work doesn’t feel like work anymore. Tapi bagaimana sih, cara menemukan passion kita yang sesungguhnya, dan—lebih baik lagi—menjadikan passion tersebut mata penghasilan kita?

Nah berikut ini, mimin sudah siapkan 7 cara unik dan menarik yang bisa banget Smart Leaders coba untuk membantu menemukan passion Anda dan membuatnya menjadi mata penghasil kita, simak yukk!! 😀

Cara 1: Tanya ke diri sendiri: apa hal yang paling Smart Leaders sukai banget? Pakai banget, lho, ya!

Apakah Smart Leaders punya hobi atau sesuatu yang sangat suka Anda lakukan dari kecil, tapi belum kepikiran untuk “diseriusin”? Entah itu baca komik, mengoleksi barang tertentu, atau apa pun. Asal tau aja, hari gini, apapun bisa dijadikan mata penghasilan, lho. Kalau Anda  suka komik, Anda bisa buka online shop atau workshop komik profesional, misalnya. Keren kan!!

Cara 2: Tanya lagi ke diri sendiri: saat baca-baca berita atau artikel, topik-topik apa yang paling Anda suka?

Smart Leaders, biasanya, kalau kita punya minat terhadap sesuatu, kita pasti akan semangat ngulik tentang hal tersebut, misalnya dengan mencari berita, buku atau majalah yang berkaitan dengan hal tersebut, atau bahkan meng-Google-nya berjam-jam. Kalau Anda memang selalu tertarik ngulik sebuah topik tertentu, mungkin topik itulah passion Anda, dan Smart Leaders bisa menggali kemungkinan-kemungkinan karir dari situ.

Cara 3: Corat-coret dan brainstorm         

Masih tak kepikiran juga, apa passion Smart Leaders untuk dijadikan profesi? Coba ambil kertas dan alat tulis, lalu tulis apapun ide yang terlintas di pikiran. Lihat juga sekeliling Anda, kumpulkan ide, lalu tuangkan di kertas. Pokoknya tulis dulu aja semuanya. Nanti baru Anda nilai kembali hasil coret-coretan tersebut.

Cara 4: Bertanya dan berbagi dengan orang lain

Smart Leaders juga bisa tanya-tanya kepada orang-orang terdekat—keluarga ataupun teman—apa passion mereka dan bagaimana mereka dulu menemukannya. Ini cara paling simple lho dan banyak manfaatnya.

Cara 5: Coba dulu

Kalau merasa sudah tahu passion Anda apa dan ingin menjadikannya karir full-time, coba di-tes dulu. Misalnya Smart Leaders ingin jadi fotografer, maka lakukanlah secara iseng-iseng sebagai pekerjaan sampingan. Jangan langsung heboh, apalagi sampai meninggalkan semua aktivitas lain dan berinvestasi membeli semua perlengkapannya. Kalau sudah dijalani berbulan-bulan dan Anda masih betah, berarti minat Smart Leaders memang fotografi dan sanggup menjadikannya sebagai profesi.

Cara 6: Riset, riset, riset

Riset dan kumpulkan info tentang bidang yang Smart Leaders minati sebanyak mungkin. Jangan cepat puas, dan jangan menjadikan para amatir sebagai tolak ukur diri Anda! #galak.  Ingat, you’re going professional, lho…

Terus coba dan jangan menyerah

Jangan berhenti latihan dan mempertajam skill Anda, serta jangan cepat menyerah meski ada banyak tantangan. Misalnya, kalau Smart Leaders iseng-iseng buka online shop dan ternyata harus menghadapi berbagai problem—mulai dari kerepotan mengatur keuangan sampai menghadapi pelanggan galak—jangan menyerah! Sebenarnya, kalau passion Anda memang di berjualan, Anda mungkin tak akan menyerah juga, sih…

Itulah beberapa hal yang bisa Smart Leaders coba dan lakukan untuk mengubah hobi sederhana Anda menjadi pekerjaan yang profesional. Sudah siap? Lets go to try and going success.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 23 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!