December 7, 2017

7 Elemen Etika Kerja yang Kuat

Smart Leaders, memiliki etika kerja yang kuat akan membuat Anda dikenal dengan reputasi yang baik. Tidak ada seorang pun yang mau bekerja dengan orang yang memiliki etika kerja dan reputasi buruk. Bukankah tidak seorang pun ingin bekerja bersama orang yang memperlakukan mereka dengan buruk?

Seperti yang dilansir Enterpreneur.com, berikut adalah tujuh komponen etika kerja yang kuat.

  1. Profesionalisme

Menjadi profesional meliputi semua hal, mulai dari cara Anda berpakaian dan menampilkan diri Anda dalam dunia bisnis hingga cara Anda memperlakukan orang lain. Profesionalisme merupakan kategori yang sangat luas. Hal ini pada dasarnya menunjuk kepada semua elemen etika kerja yang kuat.

  1. Menghargai

Tidak peduli seberapa ketat deadline Anda atau panasnya situasi, Anda harus selalu tenang. Baik Anda sedang melayani pelanggan, bertemu klien, atau berkolaborasi dengan kolega, berusahalah sekeras mungkin menghargai opini orang lain. Hal ini akan menunjukkan Anda menghargai nilai orang-orang sama dengan kontribusi profesional mereka.

  1. Dapat diandalkan

Anda harus selalu menepati janji dan bisa diandalkan. Anda selalu tepat waktu, siap menghadapi rapat, dan menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal dan budget. Reputasi Anda sebagai seseorang yang dapat diandalkan timbul karena Anda telah membuktikannya kepada pelanggan, klien, dan kolega. Mereka percaya Anda akan melakukan apa yang Anda katakan atau janjikan.

  1. Dedikasi

Anda tidak akan berhenti hingga pekerjaan Anda selesai, dan selesai dengan baik. “Cukup baik” tidak cukup bagi Anda dan tim. Anda mengejar tingkat “luar biasa” dalam setiap pekerjaan yang dibebankan pada tim Anda. Anda meluangkan waktu lebih supaya mendapatkan hasil yang baik, memperhatikan detail dan mengejar kesempurnaan. Semangat Anda nampak dalam kerja keras dan hasil yang Anda capai

  1. Tekad yang bulat

Anda tidak membiarkan tantangan menghentikan Anda, dan dengan antusias menghadapi tantangan—seperti pendaki gunung yang terus mendaki lebih tinggi hingga mencapai puncak. Anda tahu tujuan Anda adalah memecahkan masalah klien, terus-menerus mencari jawaban yang inovatif dan lebih baik. Karena memiliki tujuan dan ketangguhan, Anda terus maju, tidak peduli sejauh apa.

  1. Bertanggung jawab

Anda menerima tanggung jawab pribadi terhadap tindakan dan hasilnya dalam setiap situasi, lalu tidak membuat dalih saat situasi tidak sesuai rencana. Anda mengakui kesalahan dan menggunakannya sebagai pembelajaran di masa yang akan datang. Anda juga membuat anggota tim Anda memiliki kualitas yang sama.

  1. Kerendahan hati

Anda mengakui kontribusi setiap orang, serta tidak menerima pengakuan sendiri, melainkan berbagi dengan yang lain. Anda memberikan pujian terhadap kolega atau anak buah yang bekerja keras, mengapresiasi klien setia. Anda selalu mau belajar dari orang lain, menghilangkan rasa sombong dalam setiap tindakan Anda.

Setiap komponen ini akan menunjukkan Anda memiliki etika kerja yang kuat sehingga reputasi Anda akan meningkat di mata orang lain.

Jadilah seseorang yang bekerja lebih keras, temukan caranya dengan membaca buku Training Camp karya Jon Gordon

~ Artikel ini sudah dibaca 0 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!