fbpx
January 27, 2018

7 Kemampuan yang Dibutuhkan untuk Bangkit dari Kegagalan

Smart Leaders, setiap orang sukses adalah yang pernah gagal, tetapi tidak menganggap dirinya sebagai pecundang. Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan, namun yang membedakan orang sukses dengan yang lain adalah sikap mereka menghadapi kegagalan tersebut.

John C. Maxwell menuliskan tujuh kemampuan orang sukses yang memungkinkan mereka untuk tidak memikirkan kegagalan terlalu dalam dan bangkit lagi:

  1. Menolak penolakan

Orang-orang yang tidak menyerah terus mencoba karena mereka tidak mendasarkan harga diri mereka pada kinerja mereka. Sebaliknya, mereka memiliki citra diri di dalam benak mereka sendiri. Alih-alih mengatakan “aku pecundang”, mereka berkata “untuk yang satu ini, aku meleset”, atau “aku membuat kesalahan”. Untuk menjaga perspektif yang benar, ambillah tanggung jawab atas tindakan Anda, tapi kegagalan itu jangan terlalu dimasukkan ke dalam hati.

  1. Memandang kegagalan sebagai sesuatu yang sementara

Orang-orang yang memikirkan kegagalan mereka terlalu dalam memandang masalah sebagai lubang yang menjebak mereka secara permanen. Namun, orang-orang sukses hanya memandang keadaan sulit sebagai hal yang sementara.

  1. Memandang kegagalan sebagai peristiwa yang berdiri sendiri

Ketika orang-orang sukses mengalami kegagalan, mereka memandangnya sebagai peristiwa sementara, bukan epidemi seumur hidup. Itu bukan sesuatu yang bersifat pribadi. Jika Anda ingin sukses, jangan biarkan satu peristiwa menodai pandangan Anda tentang diri sendiri.

  1. Menjaga harapan tetap realistis

Semakin besar tujuang yang ingin Anda raih, semakin banyak pula persiapan mental yang dubutuhkan untuk mengatasi rintangan dan gigih dalam mengarungi perjalanan panjang. Dibutuhkan waktu, usaha, dan kemampuan untuk mengatasi kegagalan. Anda harus mengisi setiap hari dengan harapan yang realistis dan jangan biarkan perasaan Anda terluka ketika semuanya tidak berjalan sempurna.

  1. Berfokus pada kekuatan

Cara lain orang sukses menjaga diri mereka dari memikirkan kegagalan terlalu dalam adalah dengan berfokus pad akekuatan mereka. Jika sebuah kelemahan berhubungan dengan karakter seseorang, itu membutuhkan lebih banyak perhatian. Berfokuslah pada hal itu hingga Anda bisa menopangnya. Atau, cara terbaik untuk maju terus meski pernah gagal adalah dengan membangun dan memaksimalkan kekuatan Anda.

  1. Lakukan berbagai pendekatan untuk mencapai tujuan

Orang-orang sukses bersedia melakukan berbagai pendekatan terhadap masalah. Itu penting dalam setiap bidang kehidupan, bukan hanya bisnis. Untuk mencapai tujuan, Anda harus menggunakan berbagai pendekatan, dan menjaga sikap positif dengan tidak membiarkan komentar orang lain membuat Anda merasa sebagai pecundang.

  1. Melambung lagi

Semua orang sukses memiliki kesamaan, yaitu kemampuan bangkit lagi setelah mengalami kekeliruan, kesalahan, atau kegagalan. Kunci untuk bangkit dan melambung lagi setelah kegagalan terletak pada sikap Anda terhadap hasilnya.

Orang-orang sukses terus maju, apa pun yang terjadi. Itu bisa dilakukan karena mereka ingat bahwa kegagalan tidak membuat mereka menjadi pecundang. Kesalahan tidak boleh terlalu dimasukkan ke dalam hati. Itulah cara terbaik mengangkat diri kita setelah menghadapi kegagalan, dan melanjutkan dengan sikap positif.

Temukan lebih banyak tentang cara mengelola sikap untuk mencapai kesuksesan dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Attitude 101.

~ Artikel ini sudah dibaca 41 kali

Share yuk!

One thought on “7 Kemampuan yang Dibutuhkan untuk Bangkit dari Kegagalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!