fbpx
November 25, 2016

7 Langkah Awal Mewujudkan Impian Kehidupan Yang Kita Inginkan

Smart Leaders, hidup memang tak semudah yang kita bayangkan atau tak semudah membalikan telapak tangan. Namun pada kenyataannya kita sebagai manusia yang dibekali kemampuan untuk berpikir dan bertindak membawa kita kepada kehidupan yang kita inginkan.

Sangat menginspirasi memang saat kita melihat kehidupan orang lain yang nampak bahagia dan sukses, namun yang terpenting adalah bagaimana cara orang tersebut meraih kesuksesannya.

Untuk itu berikut ini 7 langkah yang bisa diterapkan untuk mewujudkan impian kehidupan yang diinginkan:

# 1. Membayangkan kehidupan yang kita inginkan di masa depan

Kehidupan seperti apa yang Anda inginkan satu tahun dari sekarang? Mari kita cek kebiasaan yang mungkin rutin kita lakukan tanpa kita sadari. Apakah Anda bangun tidur dijam yang sama? Apakah Anda mengalami hal yang sama disetiap harinya dengan sarapan yang sama?Apakah Anda menghabiskan hari Anda dengan cara yang sama? Apakah Anda bergaul dengan orang yang sama? Apakah Anda dalam hubungan yang sama? Apakah Anda dalam kesehatan yang sama?

Ambilah secarik kertas dan visualisasikan apa yang terjadi pada diri Anda hari ini mulai dari detik terbangun tidur hingga tidur kembali. Kemudian visualisasikan kembali apa yang Anda inginkan dalam kehidupan Anda di hari esok nya!

# 2. Meniliai diri kita, secara finansial, logistik, sosial, kesehatan, karir, kepribadian

Lihatlah gambaran keuangan lengkap Anda, dimulai dengan kemana uang Anda dibelanjakan. Gunakan program keuangan yang cukup baik untuk melacak dan mengkategorikan pembelian Anda atau menggunakan aplikasi android finansial Anda.

Menganalisis kesehatan Anda, berat badan Anda, apa yang Anda makan dan tingkat kebugaran Anda.

Ambil stok apa yang sudah Anda miliki atau kekurangan logistik yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Misalnya, jika Anda ingin memulai bisnis sampingan, mungkin Anda sudah memiliki laptop yang berguna.

Juga menilai apakah Anda memiliki hubungan yang akan mendukung Anda saat Anda bekerja menuju tujuan Anda.

Akhirnya, melihat apakah karir Anda berada pada jalur yang Anda inginkan?

# 3.  Memecah jalan kehidupan ideal Anda menjadi gol kecil.

Perubahan sejati terjadi melalui kegiatan sehari-hari yang kecil, bukan lompatan besar.” Saat kita memiliki tujuan besar, maka sebaiknya buat tujuan kecil yang membawa kita pada jalur tujuan besar. Seperti jika Anda ingin berlari Maraton, maka lakukan kebiasaan pemanasa, serta berlari mungkin setengah maraton setiap hari. Kemudian meningkatkan kebiasaan berlari penuh dalam jarak Marathon.

# 4.  Catat kebiasaan baru di kalender Anda

Mencatat kebiasaan atau list kegiatan sehari-hari bisa dilakukan pada buku agenda, atau schedule board atau pada galaxy note dan ipad atau pada smartphone.

Impian Anda perlu menjadi bagian dari jadwal harian Anda sekarang. Apakah salah staunya melakukan transfer otomatis ke rekening tabungan Anda, olahraga teratur, mengambil kelas dalam sebuah topik baru atau sesuatu yang lain, sehingga kita bisa menentukan apakah pada hariini lebih baik dari sebelumnya.

“Kau sudah mengatakan, ‘Ini adalah apa yang paling penting bagi saya untuk 2014,’” kata Warren. “Jadi jika ini adalah prioritas Anda  yang nomor 1, segala sesuatu yang lain harus bekerja di sekitar itu. Jika Anda ingin menjadi penulis dan menulis buku pertama Anda pada tahun 2014, Anda harus menjadwalkan dua jam sehari untuk menulis. ”

# 5. Hapus Hambatan Potensial

Mulai mengatakan tidak untuk hal-hal yang akan membawa Anda jauh dari tujuan Anda – kebiasaan kontraproduktif, hubungan beracun, teman-teman yang gaya hidup bisa menyesatkanmu, kekacauan, lingkungan yang menyebabkan perilaku buruk.

Jika Anda ingin melunasi utang dan lingkungan tertentu membawa Anda ke pemborosan, hidarilah hal tersebut. Atau jika Anda ingin belajar bahasa asing tetapi menghabiskan satu jam setiap malam menonton TV, maka matikan lah TV tersebut atau jangan pasang TV. Juga yang pasti ikuti kebiasaan orang-orang sukses.

# 6.  Siarkan niat Anda kepada orang lain

Beritahu teman Anda tujuan Anda. Jika Anda ingin melunasi utang, beritahukan mereka bahwa Anda lebih memilih untuk tidak berbelanja tapi malah memasak bersama-sama. Tapi bersiaplah untuk mendapatkan beberapa teman yang menolak.

“Ketika Anda memutuskan untuk membuat perubahan dalam hidup Anda, Anda harus menyadari hubungan Anda akan berubah juga”. “Orang lain pun ingin teman-teman mereka berhasil dan bahagia. Ketika Anda menyatakan tujuan seperti ini, teman setidaknya dapat membantu Anda mewujudkannya. ”

# 7. Cari orang yang berpikiran sama untuk mendukung dan menginspirasi Anda.

Mencari teman-teman baru yang tertarik dalam mimpi Anda, apakah Anda sedang mencari teman untuk mengadopsi gaya hidup sehat, memulai bisnis sampingan, mengejar karir sebagai penulis, atau membayar utang.

Sementara beberapa kegiatan akan membawa diri ke arah mencari mitra kerja dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya dengan mengikuti kegiatan atau komunitas yang kita minati. Atau berkolaborasi dan berkomunikasi serta berbagi dalam jaringan internet melalui situs tertentu.

Berkata memang lebih mudah, berpikir dan mengimajinasikan bisa lebih cepat kita lakukan, namun bertindak adalah hal yang sering kita sulit lakukan. Berpikir saja tanpa bertindak maka impian layaknya bunga tidur.

~ Artikel ini sudah dibaca 22 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!