fbpx
December 26, 2017

7 Rahasia Mempertahankan Karyawan Terbaik

 

Smart Leaders, hal terpenting dalam bisnis adalah menjaga kesehatan dan kesuksesan jangka panjang dengan menemukan karyawan yang tepat. Akan tetapi, mempertahankan karyawan terbaik saja tidak cukup. Pemimpin yang baik tahu cara membuat mereka tetap terlibat dengan menjaga, memotivasi, dan memberikan penghargaan.

Dari INC-Asean.com, ada tujuh jalan mempertahankan karyawan terbaik Anda.

  1. Jaga standar Anda tetap tinggi dalam proses seleksi

Setiap manajer pasti pernah mengalaminya—frustasi karena kandidat yang mendaftar tidak sesuai dengan standar, atau orang terbaik yang dipilih ternyata kemampuannya biasa saja.

Jika Anda memiliki tim dengan performa terbaik, maka Anda harus merekrut anggota dengan kemampuan yang sama. Setiap manajer harus tahu standar tim mereka dan bertahan dengan standar tersebut.

  1. Bangun hubungan dengan sejati dengan seluruh anggota tim

Memercayai karyawan seperti Anda memercayai teman akrab akan jadi sangat hebat. Karyawan Anda juga ingin merasakan hal serupa, memercayai atasannya seperti teman akrab.

Bangun hubungan sejati dengan karyawan Anda. Ajak mereka makan siang bersama, bertanyalah pada mereka, dan dengarkan jawaban mereka. jika Anda takut karyawan akan mengambil ketakutan dari pertemanan Anda, maka berarti Anda telah merekrut orang yang salah. Rekrutlah orang yang bisa Anda percaya dan bangun hubungan yang baik dengan mereka.

  1. Berikan promosi berdasarkan performa, bukan pendidikan atau masa jabatan

Pengalaman masa lalu dalam peran tertentu biasanya memiliki dampak yang sedikit dalam kemampuan seseorang dalam peran yang berbeda. Hal ini sangat benar khususnya jika seseorang pindah ke peran manajemen pertama kali atau membuat perpindahan drastis ke bisnis yang sangat berbeda.

Promosikan orang yang memiliki performa baik, memiliki kemampuan memimpin, melatih dan memotivasi orang lain. Jangan promosikan seseorang karena tingkat pendidikan, atau masa jabatannya. Tingkatan pendidikan atau masa jabatan tidak menjamin akan memberikan performa yang baik.

  1. Kembangkan karyawan terbaik Anda secara personal

Latih, ajar, dan dukung karyawan terbaik Anda secara individual. Jika Anda bisa melakukannya sendiri, itu hal yang sangat baik. Namun, jika tidak maka cari orang lain dalam tim Anda yang bisa melakukannya.

Jika perlu, minta bantuan ahli untuk mengembangkan karyawan unggulan Anda. Para ahli bisa menyediakan cara, pendidikan, dan dukungan untuk meningkatkan area tertentu karyawan Anda.

  1. Berikan insentif karyawan terbaik Anda sesuai hal yang mereka harapkan.

Ini bisa berupa bonus tunjangan, tambahan cuti, tanggung jawab baru, atau cukup pengakuan sederhana. Apa pun yang Anda lakukan, bedakan untuk setiap orang. Kita bisa menyebutnya insentif individu.

  1. Jangan berikan beban berlebihan, tapi jangan sampai mereka bosan.

Jangan berikan mereka beban berlebihan sehingga mereka kelelahan. Namun, jangan berikan beban terlalu ringan sehingga mereka cepat jenuh. Cara terbaiknya, tanyakan batasan maksimal beban yang bisa mereka terima.

  1. Bela karyawan terbaik Anda

Terkadang karyawan terbaik Anda mendapatkan omongan buruk dari orang lain, tugas Anda adalah membela mereka. Mereka akan sangat senang mengetahui Anda mendukung mereka dan akan percaya diri menyambut tantangan.

Karyawan terbaik dan unggulan adalah aset terbaik Anda mencapai kesuksesan dalam tim. Menjaga mereka bertahan dalam tim merupakan tugas penting seorang pemimpin.

Temukan hal-hal baik tentang kerjasama dengan membaca buku The 17 Indisputable Laws of Teamwork.

~ Artikel ini sudah dibaca 30 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!