fbpx
February 14, 2018

7 Sifat Pemimpin Hebat

Smart Leaders, seorang pemimpin hebat memiliki kualitas diri yang baik. Seorang pemimpin mampu menarik orang lain mengikutinya karena kualitasnya tersebut. Kepemimpinan adalah sebuah tantangan besar dalam hidup Anda.

Jika Anda ingin menjadi pemimpin hebat, Anda perlu mengembangkan sifat-sifat ini di dalam diri Anda, seperti yang ditulis di Success.com

  1. Kuat, tapi tetap sopan

Untuk menjadi pemimpin yang kuat, Anda harus melakukan upaya lebih, sehingga memiliki jangkauan lebih. Namun, banyak orang menyamakan kekuatan dengan ketidaksopanan. Anda harus menjadi pemimpin dengan karakter yang kuat, keras, tapi tetap menjaga kesopanan.

  1. Baik, tapi tidak lemah

Jangan menyamakan kebaikan dan kelemahan. Kebaikan adalah sebuah bentuk kekuatan. Kebaikan akan membuat kita mengatakan kebenaran. Kebaikan akan membuat kita mempertimbangkan untuk berterus terang, walau pahit.

  1. Berani, tapi tidak menindas

Memimpin butuh keberanian. Untuk membangun pengaruh, Anda harus berani berada di depan anggota tim, menjadi yang pertama bergerak, menyelesaikan masalah dan menyadari adanya sesuatu yang tidak beres.

Namun, keberanian tidak berhubungan dengan penindasan. Menjadi berani tidak berarti Anda bisa sewenang-wenang terhadap anggota tim.

  1. Rendah hati, tapi tidak pemalu

Rendah hati tidak sama dengan pemalu. Rasa malu berlebihan akan menahan Anda bertindak. Sementara kerendahan hati adalah mengakui kelemahan dan mengenali kekuatan diri.

  1. Memiliki kebanggaan, tapi tidak arogan

Dibutuhkan kebanggaan dalam membangun ambisi Anda. Anda harus bangga terhadap impian, pencapaian, dan prestasi diri serta tim. Namun, kebanggaan tersebut tidak boleh bercampur dengan arogansi. Arogansi melahirkan pengabaian, tidak toleran, serta kesombongan.

  1. Memiliki selera humor yang baik

Seorang pemimpin perlu memiliki selera humor yang baik. Namun, jangan berlebihan sehingga akhirnya membuat Anda terlihat bodoh dan tidak berwibawa.

  1. Bisa menghadapi realitas

Hadapilah kenyataan, jangan lari darinya. Terimalah kehidupan, kegagalan, hambatan, dan tantangan yang Anda harus hadapi. Seorang pemimpin bukan pengecut yang lari dari kenyataan.

Smart Leaders, seperti halnya setiap orang itu unik dengan caranya masing-masing, begitu juga kepemimpinan. Kemampuan seorang pemimpin bisa jadi berbeda dengan pemimpin lainnya. Akan tetapi, ada sifat dasar kepemimpinan yang bisa diadopsi oleh semua orang di semua bidang.

Temukan hukum-hukum dalam kepemimpinan dengan membaca buku kepemimpinan berjudul The 21 Irrefutable Laws of Leadership karya John C. Maxwell.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 273 kali

Share yuk!

One thought on “7 Sifat Pemimpin Hebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!