fbpx
August 4, 2014

8 Langkah Memupuk Integritas

Meskipun kita sangat membutuhkan pemimpin, kita hanya ingin dipengaruhi oleh orang-orang yang berkarakter baik dan kita percayai.   Jika Anda ingin menanamkan pengaruh positif dalam hidup orang lain, asah dan terapkanlah kualitas integritas berikut ini setiap hari:
1. Tunjukkan karakter yang konsisten. Kepercayaan yang kuat baru akan terbangun jika orang memercayai Anda setiap saat.
2. Berkomunikasilah dengan jujur. Agar dapat dipercaya, Anda harus menjadi seperti komposisi musik yang enak didengar: lirik dan musik harus senada
3. Hargailah keterbukaan. Pada akhirnya kelemahan Anda akan terungkap sekalipun Anda mencoba menyembunyikannya.
4. Tunjukkan kerendahan hati. Anda tidak akan pernah dipercaya orang jika orang lain tahu Anda digerakkan oleh ego, iri hati, atau keyakinan bahwa Anda lebih baik dari mereka.
5. Nyatakan dukungan Anda pada orang lain. Tidak ada yang lebih mengembangkan atau menunjukkan karakter Anda selain kerelaan untuk mengutamakan orang lain. Seperti yang dikatakan teman kita, Zig Ziglar, bantulah cukup banyak orang untuk sukses, maka Anda pun pasti ikut sukses.
6. Tepatilah janji Anda. Jangan pernah menjanjikan sesuatu yang tidak dapat Anda penuhi. Jika Anda berjanji akan melakukan sesuatu, tepatilah janji itu. Satu cara ampuh merusak kepercayaan.
7. Milikilah sikap yang mau melayani. Kita ditempatkan di dunia bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani orang lain. Dengan memberi diri dan waktu Anda bagi orang lain, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli. Misionaris-dokter Sit Wilfred T. Grenfell menegaskan bahwa “pelayanan kita terhadap orang lain sesungguhnya adalah harga sewa yang kita bayar untuk kamar kita di bumi”. Orang yang berintegritas adalah pemberi, bukan pengambil.
8. Doronglah orang yang Anda pengaruhi untuk terlibat aktif. Ketika Anda hidup berintegritas, orang lain mendengarkan dan mengikuti Anda. Ingatlah selalu, Anda memengaruhi bukan untuk memanipulasi, melainkan melibatkan mereka secara aktif. Kesuksesan Anda hanya akan bertahan lama jika Anda melibatkan orang lain dalam hidup dan kesuksesan Anda.

 

Memupuk integritas Anda hanyalah salah satu aspek yang harus Anda kukuhkan untuk memengaruhi orang lain. Untuk langkah berikutnya yang harus Anda tempuh, baca selengkapnya di buku How to Influence People karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 59 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!