fbpx
March 27, 2015

9 Buah dan Sayuran Serupa Organ Tubuh Manusia

Kita hampir selalu memakan sesuatu tanpa mencermati manfaatnya. Tahukah Anda, 9 buah dan sayuran di bawah ini selain menyehatkan juga unik karena memiliki bentuk serupa organ tubuh manusia.

  • Anggur. Bentuknya ternyata sangat mirip dengan alveoli dalam paru-paru. Menurut penelitian, anggur terbukti mengurangi risiko kanker paru-paru. Biji anggur mengandung proanthocyanidin, zat kimia yang bisa mengurangi efek alergi asma.

anggur-mic

  • Seledri. Jika diperhatikan, ruas-ruas seledri mirip dengan tulang kita. Faktanya, seledri juga baik untuk tulang karena mengandung senyawa silikon yang bisa menguatkan tulang. Uniknya lagi, seledri dan tulang sama-sama mengandung sodium sebesar hampir 23%.

seledri-mic

  • Ubi. Bentuknya mirip dengan pankreas, dan ternyata jenis umbi-umbian ini mampu menstabilkan tingkat gula darah. Ubi juga mengandung vitamin B6 yang tinggi yang bisa menghambat pertumbuhan kanker pankreas.

ubi-mic

  • Wortel. Jika diperhatikan dengan saksama, pola garis radial wortel mirip dengan iris mata kita. Di dalam sayuran ini juga terkandung beta karoten (yang menghasilkan warna orange cerah) yang dikenal mampu menjaga kesehatan mata kita dan mencegah katarak.

wortel-mic

  • Jamur. Pernah lihat irisan melintang jamur champignon (jamur kancing)? Irisannya mirip dengan daun telinga. Jamur ternyata juga kaya akan vitamin D yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan menjaga kemampuan mendengar.

jamur-mic

  • Alpukat. Pernah mengira tidak kalau buah yang satu ini bentuknya mirip dengan rahim? Gunanya pun tak jauh-jauh dari situ. Alpukat sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon dan mencegah kanker serviks. Fakta unik lainnya, buah alpukat butuh waktu panen sekitar 9 bulan sejak bunganya mekar. Mirip dengan siklus pertumbuhan janin.

alpukat-mic

  • Kacang walnut. Perhatikan baik-baik, kacang jenis ini mirip dengan otak kita kan? Di dalam kacang walnut terkandung Omega-3, antioksidan, asam folat, dan vitamin E lebih banyak dari pada kacang-kacangan jenis¬†lainnya

walnut-mic

  • Buah jeruk. Buah-buahan yang termasuk dalam kelompok jeruk berbentuk mirip kelenjar susu pada payudara wanita. Di dalamnya terkandung limonoids, zat yang mampu menghambat perkembangan sel kanker pada hewan dan sel payudara manusia.

jeruk

  • Jahe. Bentuk jahe mirip dengan lambung kita. Ternyata, jahe memang berfungsi untuk menjaga percernaan kita. Menurut database USDA phytochemicals, jahe tercatat sebagai obat untuk mengatasi mual dan muntah.

jahe

 

Dari daftar di atas, mana yang termasuk favorit Anda? Selain memakan buah dan sayuran yang menyehatkan, kita pun perlu menjalani pola hidup sehat. Anda bisa menjadi lebih sehat dengan panduan yang tepat. Baca inspirasinya dalam Pola Hidup Sehat.

~ Artikel ini sudah dibaca 516 kali

Share yuk!
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!