fbpx
February 22, 2016

Guys, 9 Tips Ini Dijamin Atasi Stres di Tempat Kerja

Stress adalah keadaan jiwa yang paling populer di abad ini. Coba Anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang Anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin Anda sendiri sedang mengalaminya?

Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika Anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, Anda akan terkena banyak masalah kesehatan.

Ada sebuah artikel dalam majalah harian di negara-negara Eropa yang mengatakan bahwa:
– Lebih dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan bahwa mereka mengalami stress di tempat kerja.
– Stress di tempat kerja adalah masalah kedua yang sering terjadi disamping masalah sakit punggung.
– Dari hasil survei juga dikatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.

Hal-hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti: depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.

Jika ada hal-hal diatas yang Anda rasakan …. hmmm, di rasa Anda perlu segera merubah aktivitas Anda sehari-hari baik di tempat kerja maupun di hidup Anda secara keseluruhan.

Berikut adalah 9 tips mengatasi stress di tempat kerja:

1. Rencanakan dengan baik aktivitas Anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).

2. Pastinya Anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi saat ini.

3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

4. Pastikan Anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab Anda, serta jangan ragu untuk bertanya.

5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama Anda bekerja. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.

6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.

7. Delegasikan sebagian tanggung jawab Anda kepada anak buah Anda.

8. Pertahankan semangat tim Anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.

9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

Disamping stress di tempat kerja, di kehidupan secara umum kita pun dapat mengalami stress dengan beberapa alasan. Untuk itu disarankan bagi Anda untuk mencoba tips di Atas. Jika memang belum berhasil, memungkinkan bagi Anda untuk segera mengambil cuti dan berlibur sejenak.

~ Artikel ini sudah dibaca 18 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!