fbpx
November 26, 2015

Agar Menjadi Penggerak Tim yang Semakin Berorientasi Pada Solusi

Bagaimana Anda memandang kehidupan? Apakah Anda melihat solusi dalam setiap rintangan atau masalah dalam segala keadaan? Apakah rekan kerja mendatangi Anda untuk meminta cara mengatasi masalah atau justru menjauh karena Anda selalu memperumit masalah? Kepribadian menentukan cara pandang kita. Dalam memandang masalah, sesungguhnya kita hanya memiliki empat pilihan: melarikan diri, melawannya, melupakannya, atau menghadapinya.

Agar menjadi penggerak tim yang semakin berorientasi pada solusi. Terapkanlah beberapa hal berikut:

  1. Jangan mau menyerah.
    Di saat yang sama ada orang yang ingin mengatakan, “Saya menyerah”, sementara orang lain yang menghadapi masalah serupa berkata, “Ini kesempatan emas!” pikirkan situasi ketika Anda dan tim menghadapi masalah besar namun tidak mau menyerah. Sekarang bulatkan tekad untuk tidak menyerah hingga menemukan solusi.
  2. Fokuskan kembali pikiran Anda.
    Tak ada masalah yang mampu melawan pikiran yang terus bekerja. Luangkan waktu khusus bersama rekan kerja andalan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pastikan saja Anda meluangkan waktu terbaik, bukan sisa waktu ketika Anda merasa lelah atau galau.
  3. Evaluasi strategi Anda.
    Fisikawan peraih Penghargaan Nobel, Albert Einstein, berkomentar, “Persoalan besar yang kita hadapi tidak akan terselesaikan jika cara berpikir kita masih sama dengan saat kita menciptakan persoalan itu.”berpikirlah dengan cara yang berbeda. Abaikan beberapa batasan. Diskusikan ide-ide yang nampaknya tak masuk akal. Definisikan ulang masalahnya. Kerahkan seluruh kemampuan Anda untuk memunculkan solusi dan ide-ide segar untuk mengatasi masalah itu.
  4. Ulangi proses tersebut. Jika pada percobaan pertama Anda gagal menemukan solusi, ulangi lagi. Jika ternyata Anda berhasil menyelesaikan masalahnya, ulangi proses tersebut saat mengatasi masalah lain. Ingat, tujuan Anda adalah mengembangkan sikap yang berorientasi pada solusi dan menerapkannya setiap saat.

Temukan inspirasi lainnya untuk mengembangkan kepemimpinan Anda dalam buku The 17 Essential Qualities Of A Team Player karya John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 115 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!