fbpx
December 22, 2017

Akhir Tahun Telah Menjelang! Lejitkan Karier Anda Tahun 2018!

 

Smart Leaders, 2017 akan segera berakhir. Sekarang mungkin waktunya bagi Anda merefleksikan diri dan performa karier Anda. Apa pun refleksi karier Anda tahun ini, jadikan karier Anda tahun depan melejit setinggi mungkin.

Dilansir dari INC-Asean.com, ada tiga hal penting yang bisa Anda lakukan sekarang untuk melejitkan karier Anda di tahun 2018.

  1. Dokumentasikan prestasi Anda

Luangkan waktu untuk mendokumentasikan semua prestasi dan keberhasilan Anda selama satu tahun. Catat semua prestasiā€”kemajuan yang dicapai, kesepakatan yang ditandatangani, uang yang dihemat, dan lain-lain.

Hal ini merupakan langkah penting pertama karena kita sangat mudah melupakan hal-hal yang kita capai dalam satu tahun, apalagi saat kita kemudian berfokus pada hal berikutnya. Proses ini juga membuat kita bisa memandang gambaran besar terhadap hal yang telah kita lakukan. Akhirnya, ketika kita mendokumentasikan prestasi, kita menciptakan track record pekerjaan kita, sehingga kita bisa membagikannya dengan atasan atau menambahkannya pada akun LinkedIn kita.

  1. Dokumentasikan perjuangan Anda

Kebanyakan orang terfokus pada hal-hal yang berjalan baik dan kemenangan besar yang mereka alami selama satu tahun. Mereka sering mengabaikan perjuangan atau kegagalan yang terjadi, dan itu merupakan kekeliruan.

Saat kita mencatat perjuangan atau kegagalan, kita memiliki kesempatan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting. Apa yang terjadi? Peran apa yang saya mainkan? Apa yang saya pelajari dari pengalaman ini? Hal ini berperan dalam pembelajaran yang Anda lakukan dan membantu kita memastikan kesalahan yang sama tidak terulang,

  1. Jadwalkan review dengan atasan Anda

Walau Anda memiliki tinjauan formal pekerjaan Anda, akhir tahun adalah kesempatan terbaik menjadwalkan waktu dengan atasan Anda untuk mendiskusikan tiga hal

Pertama, ceritakan semua prestasi Anda. Hal ini akan mengingatkannya peran Anda dalam perubahan, atau kebaikan yang Anda bawa dalam tim.

Kedua, ceritakan beberapa area yang Anda berusaha keras atau gagal di dalamnya, lalu hal yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut. Ini akan menunjukkan kerendahhatian dan kemauan belajar dari kegagalan

Ketiga, minta ekspektasi yang jelas dari atasan Anda di tahun 2018. Lalu, ceritakan juga tujuan Anda di tahun 2018.

Tiga langkah ini tidak hanya memperkuat kemenangan dan pembelajaran Anda di tahun lalu, tapi juga menunjukkan keunggulan Anda dibanding yang lain.

Pelajari teknik terbaru menjadi manajer dengan membaca buku The New One Minute Manager

~ Artikel ini sudah dibaca 12 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!