fbpx
February 27, 2017

Alasan yang Paling Sering Membuat Anda Lelah Hampir Setiap Saat

Smart Leaders,

Apakah Anda sering mengalami rasa lelah yang terus menerus? Smart Leaders, rasa lelah yang Anda alami mungkin bukan lagi hal asing bagi masyarakat modern saat ini. Di pagi hari, terkadang Anda terus menunda alarm, datang siang ke kantor, terus menerus makan dan minum manis, penuh kafein, pedas, asin untuk mengusir rasa kantuk dan lelah. Apakah hal ini terdengar familiar untuk Anda?

Bagi sebagian orang, merasa lelah adalah respon yang umumnya dirasakan seseorang sehabis melakukan aktivitas penguras energi fisik dan otak. Namun beberapa orang merasakannya bahkan setelah seharian tidak melakukan apa pun yang menguras energi otak atau pun fisiknya. Dan sadarkah Anda bahwa setiap kali Smart Leaders mengalami stres, tubuh akan langsung menghemat energinya sendiri? Fenomena ini banyak terjadi di kalangan millennial ataupun generasi Z.

Lalu sebenarnya alasan utama seseorang merasa lelah yang berlebihan itu apa sih Smart Leaders? Berikut ini mimin sudah merangkum berbagai macam alasan dari berbagai sumber kenapa Anda sering merasa lelah.

Seperti beberapa artikel yang sudah mimin tulis tentang manfaat bangun pagi dan dampak jika Anda bangun kurang pagi. Ternyata salah satu alasan Smart Leaders mudah lelah adalah karena bangun kurang pagi.

Menyalakan alarm setiap lima menit bukan startegi tepat untuk membuat Anda sepenuhnya terbangun di pagi hari. Cara terbaik adalah untuk menyalakan alarm pada satu waktu yang ditentukan saja dan pastikan diri Anda terbangun sepenuhnya di pagi hari itu. Studi yang dilakukan oleh peneliti di Harvard tahun 2008 silam menunjukan, orang yang bisa bangun pagi lebih bisa mengatur waktu tidurnya di malam hari dan menjadi lebih aktif di pagi hingga siang hari. Performa bekerja sekaligus kesuksesan mereka pun lebih terjamin. Bangun terlalu siang akan membuat tubuh jadi lebih lelah bukan berenergi.

Seperti biasa, ketika aktivitas Smart Leaders semakin padat dan menuntut Anda untuk fokus dan bernar-benar mengatur waktu sepenuhnya pada pekerjaan tersebut, Anda jadi jarang untuk berolahraga.

Tubuh yang jarang dilibatkan dalam kegiatan olahraga tentunya akan menjadi lemas dan tidak bugar. Jarang berolahraga jadi akan membuat Anda kurang bersemangat setiap hari bahkan setelah mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Sinar matahari pagi terutama sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sangat jarang sekali dari kita yang terkena sinar matahari. Sinar matahari yang cukup mampu mengatasi rasa lelah Anda yang berlebihan.

Ini semua berhubungan dengan ritme sirkadian Anda. Menurut artikel bertajuk Environmental Health Perspectives karya Nathaniel Mead, ketika seseorang terkekspos cahaya matahari, nocturnal melatonin-nya lebih cepat diproduksi sehingga ketika malam hari mendapatkan waktu tidur lebih baik daripada yang jarang terkena sinar matahari. Ketika Anda mendapatkan waktu tidur yang lebih baik, dipastikan Anda tidak akan selalu merasa lelah setiap saat.

Jika Anda lelah, ada beberapa zat penting yang hilang dari tubuh Anda. Mungkin salah satunya Anda kekurangan magnesium.

Kekurangan zat magnesium juga kerap diasosiakan dengan perasaan terlalu lelah. Alangkah baiknya jika Anda mulai rajin mengonsumsi kacang-kacangan, buah alpukat dan sayur-sayuran hijau. Jenis makanan tersebut akan membantu Anda menyimpan energi lebih banyak untuk beraktivitas sehari-hari.

Karena jarang ada waktu untuk libur bahkan menyempatkan untuk memasak di rumah. Smart Leaders jadi sering mengkonsumsi makanan proses.

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang diproses juga menjadi penyebab utama Anda merasa kelelahan setiap saat. Kandungannya yang bermacam-macam dan umumnya tidak sehat akan mengganggu proses pencernaan dalam tubuh yang mana bisa berefek ke stamina tubuh. Makanan yang diproses juga pasalnya tidak memberikan energi yang cukup kepada tubuh sehingga membuatnya lebih sering kelelahan dibandingkan aktif.

Terkadang rasa lelah juga karena pola pikir yang terlalu negative. Dikelilingi oleh atmosfir negative membuat tubuh Anda jauh lebih lelah daripada hanya sekedar beraktivitas.

Jika Anda memiliki teman bekerja yang selalu mengeluh dan menceritakan hal-hal yang menjauhkan Anda dari inspirasi, maka sangat mungkin Anda merasa jauh lebih lelah ketika sampai rumah. Masukan informasi yang negatif ke dalam otak pasalnya membuat Anda capai dan stres.

Terakhir adalah karena pikiran Anda sudah tidak pada pekerjaan Anda, atau lebih tepatnya benci terhadap pekerjaan.

Ketidaknyaman yang dirasakan di tempat kerja tentunya menjadi salah satu alasan kenapa Anda selalu merasa lelah saat pulang ke rumah. Agar kelelahan tidak berkepanjangan, sangat disarankan untuk Anda memikirkan kembali apakah Anda harus melanjutkan bekerja di tempat tersebut atau tidak.

~ Artikel ini sudah dibaca 7 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!