fbpx
November 30, 2017

Anak Buah Benci Bekerja dengan Anda? Perhatikan Tanda-tandanya!

 

Smart Leaders, menjadi pemimpin membuat Anda berisiko terasing dari anak buah Anda. Namun, untuk sebagian manajer, promosi berarti perubahan sikap. Mereka menjaga jarak, bersikap formal, berfokus pada peraturan dan otoritas daripada berbicara dengan timnya dengan cara manusiawi.

Mereka lupa menjadi pimpinan berarti mengelola pergerakan tim, mengatur aktivitas, menyingkirkan hambatan sehingga timnya bisa bekerja efektif. Jika seorang pemimpin hanya sibuk menjadi “bos” dan memerintah, mereka akan dibenci anak buahnya.

Seperti dilansir Enterpreneur,com, ada enam tanda anak buah Anda tidak senang bekerja di bawah kepemimpinan Anda.

  1. Tidak suka rela memberikan bantuan.

Jika Anda mendapati anak buah membiarkan Anda menyelesaikan pekerjaan sendiri, hal itu mungkin terjadi karena mereka tidak senang di tempat kerja. Karyawan yang menikmati pekerjaannya dan memiliki hubungan kerja positif cenderung menawarkan bantuan tanpa diminta.

Jika Anda menyadari mereka tidak cepat menawarkan bantuan kepada Anda, hal itu menandakan mereka tidak peduli. Mereka tidak peduli kepada Anda dan tidak peduli jika sikap itu menimbulkan ketidaknyamanan.

  1. Menghindari Anda.

Umumnya orang-orang tidak senang berada dekat dengan orang yang tidak disukainya. Mereka akan melakukan apa saja untuk menghindarinya.

Anak buah Anda akan memberikan alasan sakit, mengambil cuti, atau akan sering datang terlambat. Mereka juga bisa sering mengambil jam istirahat, pulang lebih cepat, bahkan lebih memilih naik tangga daripada satu lift dengan Anda.

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, mulailah berkaca dan instrospeksi diri.

  1. Tidak ada obrolan ringan.

Orang-orang akan menghindari bercakap-cakap dengan orang yang tidak disukainya. Mereka cenderung lebih memilih diam daripada melakukan percakapan ringan. Anda mungkin menyadari dalam e-mail atau percakapan sehari-hari, Anda mendapatkan data atau respon yang diminta, tidak ada hal lain.

Mereka akan berusaha bercakap-cakap dengan Anda seminimal mungkin.

  1. Terlihat dari bahasa tubuh.

Bahasa tubuh tidak bisa berbohong. Bahasa tubuh tidak bisa menyembunyikan rasa tidak suka seseorang terhadap orang lain. Mereka tidak bisa menunjukkan keramahan melalui bahasa tubuh mereka.

Jika seseorang tidak menyukai orang lain, ia sulit mempertahankan kontak mata dan tersenyum. Mereka juga sulit tidak menunjukkan bahasa tubuh negatif seperti melipat tangan, memutar mata atau menjaga jarak.

  1. Tidak mendapatkan apresiasi.

Penelitian menunjukkan 50% pekerja akan bertahan pada sebuah perusahaan jika mereka menerima lebih banyak apresiasi. Jika Anda selalu menjadi negatif, memandang kesuksesan dengan negatif (contoh: kita baru saja mendapatkan klien potensial, tapi kita masih jauh dari target tahun ini.), maka karyawan Anda tidak akan menyukai Anda.

  1. Mereka menyabotase Anda.

Hal terburuk yang bisa dilakukan karyawan jika mereka tidak menyukai Anda adalah mereka akan menemukan cara meremehkan dan menyabotase Anda. Hal ini terlihat dengan mereka tidak mengalihkan pandangan dari pekerjaan mereka ketika Anda menyapa atau merayakan keberhasilan.

Mereka juga bisa mengabaikan peraturan perusahaan, atau menolak membagikan informasi, sehingga bisa mengarah ke kegagalan tim. Jika anggota tim tidak memperlakukan Anda dengan rasa hormat, itu karena mereka tidak menyukai Anda.

Jika Anda merasakan enam hal ini terjadi, maka sebaiknya Anda mulai berkaca dan berbenah diri. Perbaiki diri Anda sehingga tidak mengarahkan tim Anda kepada kegagalan.

Dapatkan cara orang lain menyukai Anda dengan membaca buku How To Make People Like You in 90 Seconds

~ Artikel ini sudah dibaca 54 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!