fbpx
November 18, 2015

Antara Persoalan atau Kenyataan

Sebagian orang mengalami masalah karena memfokuskan perhatiannya pada hal-hal di luar kendalinya. Kunci sebuah tindakan positif dan efektif adalah memahami perbedaan antara persoalan dengan kenyataan hidup. Lantas, apa yang menjadi pembeda di antara keduanya?

Persoalan adalah sesuatu yang dapat diselesaikan. Kenyataan hidup adalah sesuatu yang harus diterima. Sebagai contoh, bagi Greg Horn, banjir adalah kenyataan. Banjir yang membuat Greg tidak bisa mengoperasikan tokonya selama berhari-hari pun adalah kenyataan. Namun, Greg memfokuskan dirinya pada persoalan-persoalan yang dapat diselesaikan, seperti cara mengumpulkan dana untuk membuat perbaikan serta membeli barang persediaan baru. Greg tidak membuang waktu dengan membayangkan seandainya dulu ia mendirikan toko di tempat lain–yang tidak terkena banjir. Greg lebih memilih berfokus pada solusi mengenai cara efektif membersihkan kotoran banjir di tokonya hingga membuka kembali bisnisnya secepat mungkin. Ia memilih berfokus pada hal-hal yang mendatangkan kebaikan bagi dirinya. Tetap berpikir dan bertindak positif.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda pun akan berpikir dan bertindak seperti Greg? Apakah Anda sudah memahami antara persoalan dan kenyataan dalam hidup Anda saat ini?

Intinya, lakukan tindakan positif dengan pikiran yang positif. Ubahlah kegagalan menjadi batu loncatan bagi kesuksesan Anda di masa mendatang. Tips inspiratif ini dikutip dalam buku Failing Forward, karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 2 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!