fbpx
June 29, 2015

Apa Bedanya Mendelegasikan dan Melimpahkan Tanggung Jawab?

Ketika pemimpin menyerahkan tugas pada anggota tim, biasanya mereka melakukan itu dengan salah satu dari dua cara: mendelegasikan atau melimpahkan tugas. Melimpahkan tugas itu tidak pandang bulu. Itu dilakukan karena memang harus dilakukan, tanpa memandang kekuatan dan kelemahan orang yang memikul tugas tersebut.

Orang yang melimpahkan tugas pada anggota timnya sesungguhnya mengabaikan kepemimpinan saat melakukan itu. Pemimpin yang baik selalu mempertimbangkan keahlian, kemampuan, dan minat orang yang mengerjakan tugas itu. Melimpahkan tugas biasanya terjadi secara spontan. Orang bersangkutan jadi tak bisa menggali informasi atau dilatih dahulu. Melimpahkan tugas biasanya terjadi saat orang yang berwenang ingin menyingkirkan masalah atau tugas yang tidak menyenangkan dari meja mereka.

Sebaliknya, pendelegasian yang baik memilih dengan cermat orang yang tepat untuk tugas itu. Pemimpin yang baik mempertimbangkan keahlian dan kemampuan yang paling sesuai untuk menunaikan tugas itu. Pemimpin yang mendelegasikan dengan baik selalu menetapkan tujuan, memberi wewenang untuk menyelesaikan tugas, dan menyuplai sumber daya yang dibutuhkan tugas itu, sembari tetap mendorong si pemikul tugas untuk mengambil langkah-langkah mandiri. Mereka menerapkan nasihat Jenderal George S. Patton, yang berkata, “Jangan pernah katakan cara melakukan sesuatu pada anak buah Anda. Beri tahu tugas mereka dan Anda akan terkejut oleh kecerdikan mereka.”

Pada akhirnya, pemimpin yang mendelegasikan tugas masih bertanggung jawab memantau tugas itu hingga rampung. Anda boleh mendelegasikan wewenang, tapi tidak boleh mendelegasikan tanggung jawab. Jika tugas itu tidak selesai dan Anda-lah pemimpinnya, yang salah adalah Anda.

Untuk mengembangkan kepemimpinan Anda, temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan lainnya dalam buku Good Leader Ask Great Questions karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 49 kali

Share yuk!

One thought on “Apa Bedanya Mendelegasikan dan Melimpahkan Tanggung Jawab?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!