fbpx
March 24, 2016

Apa Benar Kutu Buku itu Kuper?

Kenapa ya Smart Leaders, seorang yang dijuluki kutu buku terkadang identik dengan kata kuper atau kurang pergaulan? Bahkan di beberapa film seolah menggambarkan kutu buku adalah sosok dengan kaca mata tebal, tidak modis, penyendiri, membosankan dan tertindas. Hmm, padahal pendapat itu jelas salah banget!

Dari dulu istilah kutu buku memang sudah ada, menggambarkan orang yang mencintai buku dan hobi membaca. Tapi sayangnya, sebagian orang justru menganggap kutu buku di zaman sekarang itu tidak keren. Apa betul begitu?

george rr martin

Kata George R.R Martin, Penulis asal Amerika yang lahir tahun 1948 “A reader lives a thousand lives before he die.” Ya, betul banget! Orang yang hobi membaca bisa hidup dalam ratusan kehidupan lain sebelum ia mati. Saat membaca, kita akan diajak berpetualang dalam ceritanya, mengambil banyak pelajaran hidup, sekaligus menikmati saat-saat membaca sebagai suatu hal yang menyenangkan dan menarik.

Pencinta buku punya segudang informasi yang belum tentu dipunyai semua orang. Salah banget, kalau ada yang bilang kutu buku itu kuper. Justru para pencinta buku lebih banyak tahu informasi daripada orang yang tidak suka baca buku. Pencinta buku bukan orang yang membosankan. Pencinta buku bisa supel diajak diskusi banyak hal dan tidak gampang kehabisan tema obrolan seru. Alasannya jelas banget, karena informasinya selalu ditambah melalui membaca.

Para pencinta buku lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membaca, sebagian orang menganggapnya penyendiri. Tapi menghabiskan waktu untuk membaca tentu jauh lebih baik daripada membuang-buang waktu untuk hal sia-sia, kan? Seperti menghabiskan waktu buat bergosip berjam-jam, menghamburkan uang di mall, update status di sosial media, manfaatnya tidak sebanyak saat Anda menghabiskan waktu sambil membaca lho.

Kalau Anda sering dianggap penyendiri karena terlalu asyik dengan buku-buku, coba luangkan waktu lebih banyak untuk menyapa sekitar juga ya. Supaya mereka lebih mengenal Anda dan tahu kalau karena membaca, Anda justru jadi semakin menarik dan keren!

Jadi Smart Leaders, tahukan apa yang harus dilakukan sekarang bila Anda terjebak dalam situasi menjadi seorang kutu buku?

llyoad alexander

Yuk, buktikan bahwa pencinta buku adalah orang yang menyenangkan! Anda juga bisa menyalurkan hobi membaca agar bisa bermanfaat juga bagi orang lain lewat tulisan. Buat resensi-resensi dari buku-buku yang pernah Anda baca di blog pribadi, supaya orang-orang jadi semangat ikut membaca. Banyak banget hal yang bisa dibanggakan karena kita suka membaca. Seperti kata Lloyd Alexander,“Keep reading! It’s one of the most marvellous adventures that anyone can have.”

Share artikel ini yuk, agar banyak Smart Leaders yang tau bahwa membaca buku atau kutu buku itu bukan orang yang Kuper justru sangat keren.

(Sumber: www.penerbitspring.com)

 

~ Artikel ini sudah dibaca 82 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!