fbpx
September 8, 2015

Apa Tipe Kepribadian Anda?

Menurut Florence Littauer, setiap kita terlahir dalam 4 tipe kepribadian dasar: Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis.

Sanguinis sangat terkenal karena kepopulerannya. Sementara Koleris terkenal karena ketegasan dan lagak “sok bos”. Melankolis seorang yang cinta pada kesempurnaan, sedangkan Plegmatis sangat menyukai kedamaian dan ketenangan.

Lalu,,, Yang mana tipe kepribadian Anda?

Konsep empat kepribadian dasar itu sangat mudah dimengerti sehingga seorang bocah sekalipun dapat mempelajarinya. Bryan Taylor dari Texas masih berusia sepuluh tahun ketika dia mengundang teman-teman ke rumahnya untuk mendengarkan kaset rekaman Personality Plus lalu membuat daftar berjudul “Pertanyaan tentang Perilaku Manusia”. Setiap anak di kelasnya diminta menjawab pertanyaan berikut:

Jika sebuah drama akan dipentaskan di Sekolah Meridith, bagaimana kau ingin terlibat?

  1. Aku ingin bekerja di belakang layar (sebutkan alasannya)
  2. Aku ingin menjadi sutradara (sebutkan alasannya)
  3. Aku ingin menjadi tokoh utama (sebutkan alasannya)
  4. Aku tidak ingin terlibat di dalamnya (sebutkan alasannya)

Jawaban Anda menentukan kepribadian dasar Anda. Jika Anda ingin menjadi tokoh utama karena itu pasti menyenangkan, Anda termasuk Sanguinis yang ingin menjadi bintang. Jika Anda ingin bekerja di balik layar, Anda seorang produser yang Melankolis. Jika Anda lebih suka menyutradarai drama dan mengarahkan semua orang, Anda termasuk Koleris. Sedangkan jika Anda tidak peduli akan dilibatkan atau tidak, atau justru malas terlibat, Anda termasuk Plegmatis.

Oke, sekarang setelah tahu tipe kepribadian Anda, apa yang bisa dilakukan? Bagaimana itu bisa meningkatkan kerja sama tim atau hubungan dalam keluarga atau bisnis Anda? Cari tahu selengkapnya dalam Your Personality Tree karya Florence Littauer.

~ Artikel ini sudah dibaca 21 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!