fbpx
October 26, 2015

Apakah Efek Negatif Dari Rasa Takut?

 

Rasa takut dapat menjadi kekuatan yang sangat merusak dalam hidup seseorang. Akar kata “takut” dalam bahasa inggris, “fear”, berasal dari kata bahasa inggris kuno “fa’r”, yang secara harfiah berarti serangan mendadak. Kata ini mirip dengan kata dari bahasa Jerman Hulu Kuno “fera” yang berarti serangan tiba-tiba atau jerat. Itulah yang dilakukan rasa takut pada kita: dia menyerang dan melawan kita. Sebagai psikiater dan orang yang selamat dari kamp konsentrasi Nazi, Viktor Frankl mengutarakan, “Rasa takut mewujudkan apa yang ditakutkan seseorang.” Kekuatan destruktif rasa takut, jika dibiarkan, dapat sangat berbahaya. Berikut ini adalah beberapa hal negatif yang ditimbulkan rasa takut dalam hidup seseorang:

  1. Rasa takut memicu rasa takut lainnya
    Hal yang terpenting dari rasa takut adalah kemampuannya membesar-besarkan diri.
  1. Rasa takut menyebabkan kita tidak berbuat apa-apa
    Kita sendiri yang membiarkan rasa takut mencengkram kita, mendapati diri kita menjadi takut. Rasa takut dapat menciptakan siklus yang melemahkan.
  1. Rasa takut melemahkan kita
    Bahaya terburuk yang kita hadapi adalah bahaya menjadi lumpuh karena keraguan dan rasa takut
  1. Rasa takut menyia-nyiakan energi
    Pepatah Jerman kuno mengatakan, “Rasa takut membuat serigala tampak lebih besar dari yang sebenarnya.
  1. Rasa takut mencegah kita dan orang lain memaksimalkan potensi
    Psikolog Randall B. Hamrock mengatakan, “selama dua puluh tahun (berpraktik sebagai psikolog), saya telah berbicara, menguji, dan memberikan konsultasi kejuruan pada sedikitnya sepuluh ribu pemuda. Satu karakteristik yang dimiliki hampir seluruh muda-mudi itu adalah kecenderungan kurang menghargai diri sendiri.

 

Temukan inspirasi lainnya untuk mengembangkan kepribadian dan kehidupan Anda melalui buku The Diffrence maker karya John C Maxwell

 

~ Artikel ini sudah dibaca 303 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!