fbpx
October 21, 2015

Apakah Kita Berpotensi Menjadi Pemimpin?

 

Sesungguhnya yang kita tanyakan adalah apakah kepemimpinan adalah klub eksklusif yang hanya bisa dimasuki orang-orang yang berbakat memimpin. Jawabannya adalah tidak. Semua orang berpotensi untuk memimpin pada level tertentu dan dapat mengasah kemampuannya. Meski memang ada beberapa orang yang terlahir dengan kualitas-kualitas yang menolong mereka memimpin lebih baik dibandingkan yang lain, bakat alami itu barulah permulaan.

Penulis berkebangsaan Inggris, Leonard Ravenhill, mengisahkan sekelompok turis yang mengunjungi sebuah desa yang indah. Mereka melihat seorang lelaki tua duduk di dekat pagar. Dengan lagak sedikit merendahkan, salah satu pelancong bertanya, “Adakah orang besar yang lahir di desa ini?”

Tanpa mendongak sang lelaki tua menjawab, “Tak ada. Yang lahir cuma bayi-bayi.”

Pemimpin hebat tidak langsung hebat ketika memulai. Seperti semua orang lainnya, mereka terlahir sebagai bayi dan bertumbuh menjadi pemimpin yang lumayan, baik, lalu hebat. Kepemimpinan selalu dikembangkan, bukan ditemukan. Kepemimpinan adalah proses. Ada tiga komponen utama yang berperan penting dalam mengembangkan seorang pemimpin:

Lingkungan: Lahirnya kepemimpinan
Lingkungan memiliki pengaruh yang besar bagi kita. Kepemimpinan lebih sering dicontohkan, bukan diajarkan. Jika Anda bertumbuh bersama seorang pemimpin, mungkin Anda pun menyadari kemampuan kepemimpinan Anda sejak kecil.

Interaksi dengan pemimpin lainnya: Ilham bagi kepemimpinan
Salah satu hal yang paling inspiratif adalah kesempatan bertemu dengan pemimpin-pemimpin hebat. Siapa saja pemimpin yang Anda kagumi?Susunlah rencana untuk mendengarkan ceramah tokoh pujaan Anda. Kunjungi perpustakaan atau museum presiden. Buatlah janji untuk mewawancarai seorang pemimpin yang berpengaruh. Petiklah ilham!

Memperlengkapi: Tujuankepemimpinan
Kepemimpinan adalah pengaruh, dan karena itulah kepemimpinan bisa diajarkan. Anda dapat belajar menjalin hubungan dengan orang lain. Anda bisa belajar berkomunikasi. Anda bisa merencanakan dan menyusun strategi. Anda bisa memilih-memilih prioritas. Anda bisa memastikan semua anggota tim bekerja sama. Anda bisa belajar melatih dan memperlengkapi orang lain. Anda bisa belajar mengilhami dan mengobarkan semangat orang lain.

Temukan inspirasi lainnya untuk mengembangkan kepemimpinan Anda melalui buku Good Leaders Ask Great Questions karya John C. Maxwell 

~ Artikel ini sudah dibaca 40 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!