fbpx
May 24, 2016

Arti Sebuah Karakter

Smart Leaders, menurut Anda, apa sih karakter itu?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesi, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Cara seorang pemimpin untuk menangani hidupnya dengan menceritakan banyak hal mengenai karakternya. Krisis tidak begitu saja membentuk karakter namun pasti mengungkapkannya. Kesusahan adalah persimpangan yang membuat seseorang memilih satu di antara dua jalan: karakter atau Kompromi. Setiap orang yang memilij karakter, orang ini menjadi lebih kuat, sekalipun konsekuensi dari pilihannya adalah negatif.

Seperti yang dikatakan oleh Alexander Solzhenitsyn, penulis dan pemenang hadiah nobel, “Makna hidup bukanlah meraih kemakmuran, melainkan mengembangkan jiwa.” Pengembangan jiwa sama dengan pengembangan karakter, yang merupakan inti dari pengembangan kita, bukan saja sebagai pemimpin melainkan juga sebagai manusia.

Pernahkah Anda melihat orang-orang sangat berbakat yang tiba-tiba terjatuh ketika mencapai tingkat kesuksesan tertentu? Penyebabnya adalah karakter. Steven Berglas, seorang psikolog di Harvard Medical School dan penulis buku The Success Syndrome, mengatakan bahwa orang-orang yang mencapai ketinggihan namun tidak memiliki dasar karakter untuk menahan mereka melalui tekanan pasti akan mengalami bencana. Ia percaya bahwa mereka pasti memperlihatkan salah satu atau lebih dari gejala berikut ini: kecongkakan, perasaan sendirian yang menyakitkan, suka cari gara-gara, atau perselingkuhan. Masing-masing gejala ini adalah harga yang harus dibayar akibat dari lemahnya karakter.

 

(Dalam buku The 21 Indispensable Qualities Of A Leader, John C. Maxwell)

~ Artikel ini sudah dibaca 83 kali

Share yuk!

One thought on “Arti Sebuah Karakter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!