fbpx
July 7, 2015

Bagaimana Cara Bekerja Sama dengan Pemimpin Sulit yang Tidak Menyukai Kita?

Memang sulit untuk bekerja sama dengan orang yang Anda rasa tidak menyukai Anda, apalagi jika Anda dipimpin olehnya. Mayoritas kita tidak menanggapinya dengan baik. Kita cenderung melakukan salah satu dari kemungkinan berikut:

  • Meghindari orang itu
  • Menghambat orang itu
  • Membahayakan orang itu

Anda justru perlu melakukan hal yang benar meski tindakan itu tidak disukai. Anda tak bisa mengendalikan respons pemimpin kepada Anda. Ia mungkin tidak suka bekerja sama dengan Anda. Namun Anda bisa melakukan apa pun yang Anda bisa untuk memastikan akar masalahnya bukanlah Anda. Lakukan itu dengan ..

  1. Mengolah emosi Anda.
    Jika emosi-emosi negatif Anda tidak rutin diperiksa dan dibiarkan mendidih, setiap aspek kerja Anda—dan mungkin juga kehidupan pribadi Anda—akan kena getahnya.
  1. Mencari kesamaan.
    Di setiap kesempatan, carilah kesamaan dengan pemimpin Anda. Dan saat menemukannya, berfokuslah pada kesamaan itu ketimbang perbedaan yang memisahkan kalian.
  1. Teruslah bersikap menyenangkan.
    Pernahkah Anda mendengar ungkapan “lawanlah dengan kebaikan”? Orang lain biasanya melembut jika Anda tetap konsisten, tetap tulus, baik hati, senang menolong, dan bersikap menyenangkan apa pun pilihan dan perilakunya.
  1. Menuntaskan masalah.
    Salah satu cara terbaik agar disukai pemimpin adalah menjadi penyelesai masalah yang andal.
  1. Memberi lebih dari yang diharapkan.
    Jika Anda ingin menyenangkan pemimpin, berilah lebih dari yang diharapkan. Perbedaan antara orang yang biasa-biasa saja dengan yang unggul dapat dijelaskan dalam tiga kata: “lalu ada lagi.” Jika Anda menuntaskan tugas Anda dan tugas lainnya, Anda pasti terlihat menarik di mata orang lain, termasuk atasan Anda.
 Untuk mengembangkan kepemimpinan Anda, temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan lainnya dalam buku Good Leader Ask Great Questions karta John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 46 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!