fbpx
October 26, 2015

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Takut?

 

Bagaimana kita dapat mengatasi rasa takut, bukannya dikuasai olehnya? Jika selama ini Anda tidak suka resiko dan terpenjara rasa takut, mungkin Anda bertanya-tanya apakah seseorang harus memiliki keberanian besar atau bakat istimewa. Jawabannya adalah rasa takut dapat diatasi oleh siapa saja. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dianjurkan bagi siapa saja yang sulit maju karena dihalangi rasa takut.

  1. Akuilah rasa takut Anda
    Anda tidak bisa mengatasi rasa takut itu sebelum mengakui bahwa rasa takut itu ada. Buatlah daftar dari apa yang menakutkan bagi Anda. Jika Anda tidak bisa melakukannya, mungkin Anda lari dari perasaan tersebut.
  1. Temukan sumber rasa takut tersebut
    Sebagian besar rasa takut yang dimiliki orang-orang tidak berdasarkan suatu fakta, tetapi perasaan. Anda harus melihat dibalik perasaan tidak logis yang mungkin Anda miliki dan temukanlah dugaan dibaliknya.
  1. Sadarilah bahwa rasa takut dapat membatasi Anda
    Filsuf dan kardinal Katolik J.H. Newman mengatakan, “jangan takut hidup Anda akan berakhir, tapi takutlah hidup Anda tak pernah dimulai.”
  1. Terimalah rasa takut yang normal sebagai harga perubahan
    Salah satu rahasia sukses adalah tidak membiarkan apa yang tak dapat Anda lakukan mengganggu apa yang Anda lakukan.
  1. Ubahlah rasa takut menjadi hasrat
    Manajer pertarungan  Cus D’Amato mayakini, “pahlawan dan pengecut merasakan ketakutan yang sama. Hanya pahlawan yang berhasil menghadapi rasa takutnya dan mengubahnya menjadi api.”
  1. Fokus pada hal-hal yang bisa Anda kendalikan
    Banyak hal dalam hidup ini yang tidak bisa Anda kendalikan. Tak ada alasan yang bagus untuk mengkhawatirkan hal-hal tersebut.
  1. Curahkan perhatian Anda hari ini—bukan kemarin atau esok
    Kemarin dan esok sepertinya menuntut perhatian kita. Hari kemarin menginginkan kita untuk mengkritik keputusan masa lalu dan mencemaskan apakah kita telah melakukan tindakan yang tepat. Tetapi hal ini membuang-buang energi.
  1. Kenyangkan emosi yang tepat dan biarkan emosi yang salah kelaparan
    Dalam kehidupan, keyakinan dan rasa takut akan muncul di dalam diri Anda, dan Anda-lah yang memilih mana yang akan muncul.

 

Temukan Inspirasi lainnya untuk mengembangkan kepribadian dan kehidupan Anda melalui buku The Difference Maker karya John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 18 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!