fbpx
July 26, 2016

Bangkit Kembali Seperti Mereka Yukk!!

“Larut dalam Kesedihan karena gagal? Ingatlah 7 Tokoh Besar Ini pun Pernah Mengalami Kegagalan”

Tidak ada manusia di dunia ini yang menghendaki kegagalan. Termasuk Anda yang hari ini masih berlarut dalam kesedihan lantaran tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan. Tak mudah memang untuk bangkit dari kegagalan. Namun, seberat apa pun kesedihan yang tengah Anda alami saat ini, Anda tetap perlu menata hati.

Ingatlah, tidak ada orang yang tidak pernah gagal. Bahkan, orang-orang besar yang berhasil saat ini pun pernah terbentur pada usaha yang tak menunjukkan hasilnya. Kegagalan yang pernah dialami oleh para pengusaha sukses dan tokoh inspiratif lainnya justru dijadikan pelajaran. Jika mereka mampu menikmati proses kegagalan dan perlahan bangkit kembali meraih kesuksesan, kamu pun bisa! Belajarlah dari 7 tokoh inspiratif ini yang pernah berdamai dengan kegagalan dan akhirnya mencecap manisnya kesuksesan.

  1. Yasa Singgih, pernah merugi seratus juta dari bisnis yang dikelolanya. Kegagalan ini dialaminya saat ia masih kelas 3 SMA
Yasa Singgih, pernah merugi 100 juta lebih di usia 18 tahun! viawww.inspiratorfreak.com
Yasa Singgih, pernah merugi 100 juta lebih di usia 18 tahun! viawww.inspiratorfreak.com

Yasa Singgih, lahir di Bekasi pada 23 April 1995. Ia yang bernama lengkap Yasa Paramita Singgih adalah CEO dari sebuah brand pakaian cowok – Mens Republic. Brand fesyennya itu berhasil mengantarnya mencapai kesuksesan di usia muda. Bahkan kini, Yasa udah punya perusahaan sendiri yang bernama PT Paramita Singgih yang menaungi brand-nya tersebut.

Kesuksesan yang diperoleh Yasa bukan didapatnya dengan cara instan. Setidaknya dia pernah mengalami berkali jatuh-bangun dalam membangun bisnis. Ia pernah mencoba jualan lampu hias via bisnis online yang akhirnya tak ia lanjutkan lantaran supplier-nya berhenti mengiriminya barang. Kegagalan terparah ia alami saat usianya masih 18 tahun. Di saat anak-anak lain stress memikirkan UN dan SNMPTN, Yasa justru harus memutar otak lantaran bisnis kulinernya bangkrut dan merugi lebih dari 100 juta! Duh, mungkin kalau kita yang mengalaminya bisa sesak napas tiba-tiba! Namun, akhirnya pengalaman dan ketekunannya mengantarkan Yasa untuk bangkit dan memulai bisnis lagi. Hasilnya, jadilah ia seperti sekarang.

  1. Anda akan merasa sedih sekali kalau baca perjuangan Elang Gumilang sang pengusaha properti dari dulu hingga sekarang
Elang Gumilang (23 tahun) pengusaha properti setelah sidang skripsinya di IPB, Bogor, 9 Desember 2009. Tempo/Mazmur A. Sembiring
Elang Gumilang (23 tahun) pengusaha properti setelah sidang skripsinya di IPB, Bogor, 9 Desember 2009. Tempo/Mazmur A. Sembiring

Untuk Anda yang saat ini tengah merasa sedih dan gundah gulana lantaran baru saja mengalami kegagalan dalam berbisnis, mungkin kisah Elang Gumilang ini menginspirasi. Yup, pria kelahiran Bogor, 6 April 1985 ini adalah pendiri dari Elang Grup, sebuah perusahaan properti yang menyasar klien menengah ke bawah.

Menjadi pengusaha properti di usia muda sekilas sungguh terdengar keren ya. Namun, usaha untuk mencapainya tidaklah mudah. Elang yang sudah merintis bisnis properti dari sejak mahasiswa ini pernah mengalami kegagalan pada bisnis yang sama. Ketika itu Elang meminjam dana sebesar Rp 150 juta rupiah untuk sebuah proyek yang berakhir dengan kegagalan. Alhasil dari kegagalan itu ia harus menanggung hutang yang harus dicicilnya 9 juta/bulan selama 2 tahun. Duh, kebayang ‘kan gimana tertekannya? Namun, Elang berusaha keras untuk melunasi hutangnya itu dengan bekerja. Meski pernah gagal, Elang tak kapok untuk kembali bisnis properti. Terbukti, kini ia berhasil mendirikan perusahaannya sendiri.

  1. Pernah drop out dari sekolah dan bangkrut adalah kegagalan yang pernah dilalui oleh seorang Walt Disney
Walt Disney, pernah dipecat karena dinilai kurang kreatif. viawww.onlinepsychologydegree.info
Walt Disney, pernah dipecat karena dinilai kurang kreatif. viawww.onlinepsychologydegree.info

Buat kamu yang ngefans sama kartun Disney, mungkin pernah mendengar kisah Walter Elias Disney a.k.a Walt Disney. Seseorang yang harus Anda ucapkan terima kasih karena berkat dirinya, kita jadi kenal cerita Snow White, Sleeping Beauty, Poccahontas, hingga Frozen. Tahukah Anda? Sebelum sukses dengan The Walt Disney Company, Walt pernah drop out dari sekolah, gagal masuk angkatan militer, dipecat dari Missouri Newspaper karena dianggap kurang kreatif. Bahkan Laugh-o-Gram Studios perusahaannya yang terdahulu mengalami kebangkrutan lantaran manajemen keuangan yang kurang baik.

Pada akhirnya, jatuh bangun Walt ada hasilnya. Siapa yang tak kenal dengan namanya yang saat ini jadi legenda?

  1. Si jenius Hollywood – Steven Spielberg, pernah ditolak tiga kali dari sekolah film. Anda yang belum tembus wawancara kerja, belajar deh dari Om Steven!
Steven, pernah ditolak sekolah film hingga 3 kali! via richestcelebrities.org
Steven, pernah ditolak sekolah film hingga 3 kali! via richestcelebrities.org

Sebagian Anda mungkin langsung down ketika gagal dalam wawancara kerja atau ujian masuk kuliah. Seolah-olah hidup kita berubah jadi kelam. Jika Anda tengah mengalami hal itu, baiknya Anda belajar dari Steven Spielberg. Steven adalah seorang sineas jenius Hollywood. Setidaknya dia sudah pernah menyutradarai 51 film dan meraih 3 penghargaan Oscar. Tapi, tahukah Anda, jika Steven pernah ditolak 3 kali dari sekolah film University of Southern California?! Hmm.. Ditolak sekolah film, tapi berhasil menghasilkan film-film blockbuster! Daebak!

  1. Untuk Anda penulis pemula yang baru saja kecewa lantaran ditolak sama penerbit, ingatlah J.K. Rowling pernah ada di posisi yang sama
Rowling, ditolak 12 kali sama penerbit.. Masak kamu yang baru ditolak sekali langsung nyerah? via www.radiotimes.com
Rowling, ditolak 12 kali sama penerbit.. Masak Smart Leaders yang baru ditolak sekali langsung nyerah? via www.radiotimes.com

Untuk Smart Leaders yang tengah meretas mimpi menjadi penulis, hayoo.. Anda sudah berapa kali ditolak sama penerbit? Satu, dua, tiga, delapan, sepuluh? Hei, penolakan Anda tak ada apa-apanya ketimbang yang dialami oleh J.K Rowling! Yup, penulis novel mega best seller Harry Potter pernah ditolak 12 kali oleh penerbit! Nah, Rowling aja pernah ditolak 12 kali, apa iya Anda yang baru ditolak dua kali udah mau berhenti nulis? Terus berusaha dan belajar memperbaiki tulisan kita ya. Percaya deh, suatu saat karya Anda akan benar-benar diterbitkan oleh penerbit impian.

  1. Dipecat bukan akhir dari segalanya, beneran deh! Steve Jobs adalah bukti nyata yang bisa bikin Anda ternganga!
Steven, pernah ditolak sekolah film hingga 3 kali! via richestcelebrities.org
Steven, pernah ditolak sekolah film hingga 3 kali! via richestcelebrities.org

“I didn t see it then, but it turned out that getting fired from Apple was the best thing that could have ever happened to me,” Jobs said in 2005.

(via www.lifehack.org).

Mungkin Anda tak pernah menyangka kalau Jobs pernah dipecat dari perusahaan yang dirintisnya Apple Inc. Pemecatannya itu dikarenakan perselisihan kepemimpinan. Namun, bagi seorang Steve, dipecat justru memberinya ruang untuk kembali berkembang. Yup, merasa kembali terlahir sebagai pemula dan menjadi pribadi yang lebih kreatif. Selepas diberhentikan dari Apple, Steve mendirikan perusahaan IT bernama NeXT.

Perusahaan itu pun sukses hingga ia akhirnya membeli studio animasi Pixar. NeXT dan Pixar (yang jadi lebih sukses setelah dibeli NeXT) akhirnya membawa Steve kembali pada jabatannya semula, CEO Apple Inc. Yup, Steve kembali menduduki posisinya semula di Apple!

  1. Bill Gates mengajarkan kamu bahwa gelar yang mentereng bukanlah penentu kesuksesan
Meski tak melanjutkan studinya di Harvard, Bill Gates berhasil mendirikan perusahaan raksasa. via www.forbes.com
Meski tak melanjutkan studinya di Harvard, Bill Gates berhasil mendirikan perusahaan raksasa. via www.forbes.com

Seorang Bill Gates pun tentu pernah mengalami kegagalan selama pencapaian karirnya. Salah satu kegagalan yang pernah dialaminya adalah ketika Traf-O-Data, bisnis yang dibangunnya gagal. Tak hanya itu, Bill juga tak lulus dari Harvard. Namun, kegagalan tak lantas bikin Bill patah arang. Anda bisa lihat bagaimana Bill hari ini, seorang yang sukses mendirikan perusahaan software ternama Microsoft.

Memang, dengan gelar yang mentereng Anda punya kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik. Akan tetapi, gelar bukanlah satu-satunya penentu kesuksesan. Gelar hanya mengantar Anda sampai pintu gerbang perusahaan. Lewat dari itu, kerja keras dan rencana lah yang mengantar kitapada puncak karir!

Bagaimana? Masih meratapi kegagalan? Jangan sampai ya, Guys

Cobalah untuk menerima kegagalan dan mulai menata hati. Satu lagi, jangan ragu untuk memulai kembali. Semangat Smart Leaders 😀

 

~ Artikel ini sudah dibaca 35 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!