fbpx
May 23, 2017

Berdiam Diri Sejenak, Ternyata Membuat Tubuh Jauh Lebih Rileks Disaat Rutinitas Sedang Padat

Smart Leaders,

Jika kita memiliki rutinitas yang padat setiap harinya, kita pasti akan sangat merasa lelah, apalagi jika harus bangun di pagi hari dan bekerja seharian. Dari sekian banyak kebisingan, Anda pasti butuh waktu tenang untuk sekedar berhenti sejenak dari kepenatan yang terjadi. Dan ternyata peneliti membuktikan bahwa semakin Anda sibuk, semakin Anda butuh waktu untuk menyendiri di baik ditempat sepi maupun keadaan yang lebih privat lagi

.

Berdiam diri sejenak dari rutinitas via google.com
Berdiam diri sejenak dari rutinitas via google.com

Baru-baru ini dalam artikel Harvard Business Review, konsultan kebijakan publik dan guru meditasi Justin Talbot-Zorn dan Leigh Marz mengatakan bahwa ada satu kebiasaan yang selalu dilakukan banyak orang-orang sukses, yaitu memiliki waktu tenang dan hening.

Penulis J.K. Rowling dan juga  seorang psikiater Carl Jung mengatakan bahwa kekuatan “tenggelam dalam keheningan” menjadi faktor penting mencapai kesuksesan. Tapi mengapa mereka melakukan hal itu ketika mereka justru punya lebih banyak waktu sibuk?

Alasannya sederhana, menurut Justin Talbot-Zorn dan Leigh Marz, meluangkan waktu untuk diam atau menyendiri dalam keheningan mampu mengembalikan sistem saraf rileks, membantu mengembalikan energi tubuh dan pikiran lebih baik dalam beradaptasi.

Tubuh yang Rileks dan pikiran yang tenang mampu membuat Anda menjadi lebih via iowaadguy.wordpress.com
Tubuh yang Rileks dan pikiran yang tenang mampu membuat Anda menjadi lebih baik dalam beradaptasi via iowaadguy.wordpress.com

Cara ini membuat kita lebih stabil secara emosional dan kita kembali segar dan mampu menemukan kreativitas dan ide-ide besar lainnya. Ketika kita secara konstan berhubungan dengan banyak orang, menghabiskan waktu di tempat ramai, waktu tertentu untuk menyendiri di dalam sunyi sungguh suatu hal yang menenangkan.

Jadi, jika Anda termasuk salah satu orang paling sibuk dan punya banyak jadwal kerja yang padat, tak perlu harus liburan ke luar negeri untuk menghilangkan stres, cukup luangkan waktu paling tidak 30 menit di rumah tanpa suara apa-apa setelah pulang kerja. Jika di kantor, luangkan waktu 5 menit saja di dalam diam sebelum memulai pekerjaan kembali. (sumber: Harvard Business Review)

~ Artikel ini sudah dibaca 21 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!