fbpx
August 29, 2016

Berhenti Mencoba, Mulailah Bertindak

Smart Leaders,

Siapa diantara kalian yang sudah membaca buku terbarunya John C. Maxwell yang berjudul “Intentional Living”. Bagaimana respon Anda pertama kali setelah membaca buku tersebut Smart Leaders? Kalau mimin sih, buku ini benar-benar membuka mata hati kita, jalan pikiran kita untuk memperbaiki pola hidup kita menjadi hidup yang penuh makna.

Ada banyak poin penting yang wajib banget kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan di antara semua poin-poin penting, ada satu poin yang menurut mimin, perlu banget untuk di share dan di jadikan suatu artikel.

Mau tahu apa sih poin penting itu, mari kita simak bareng-bareng yukk ūüėÄ

Smart Leaders, di antara kalian, pernahkan Anda merasa mengatakan kalimat berikut ini, “Saya akan mencoba mengusahakan yang terbaik,” pernyataan inilah yang hampir selalu kita katakan. Secara tidak langsung kita mengatakan, “Saya akan melakukan semuanya dengan benar, namun saya tidak peduli dengan hasilnya.” Namun apakah mencoba saja sudah cukup untuk membuat hidup anda berarti? Bisakah kita bergerak menuju cita-cita hanya dengan¬†mencoba?

Jawabannya adalah tidak.

Mencoba¬†sama sekali tidak mencerminkan komitmen sejati. Mungkin lebih tepatnya disebut setengah hati. Mencoba bukanlah janji untuk melakukan hal-hal signifikan yang berkaitan dengan pencapaian tujuan. Mungkin kata-kata ini sama dengan “Saya akan berupaya.” Pastinya ungkapan itu tidak beda jauh dengan “Saya akan menjalaninya.” tindakan¬†mencoba¬†sangat jarang berakhir dengan hasil signifikan.

Jika mencoba saja tidak cukup, lalu apa yang harus dilakukan?

Jawabannya adalah Lakukanlah!!!

Nyatanya, ada keajaiban luar biasa di balik kata¬†lakukan. Ketika kita bertekad, “Saya akan melakukannya,” maka kita telah melepaskan kekuatan luar biasa. Tindakan tersebut bakal menempa diri kita untuk bertanggung jawab menyelesaikan permainan. Ada¬†hasrat untuk unggul. Muncul kewajiban dan dedikasi untuk menyelesaikan apa yang harus diselesaikan.

Itulah yang dinamakan komitmen.

Perilaku ini juga membantu kita menjadi sosok yang kita inginkan. Sesuatu yang kita kehendaki takkan tercapai jika kita tidak melakukan tindakan. Jika tindakan mencoba hanya didasari niat baik, maka pelaksanaan adalah bentuk kehidupan secara terencana.

Sikap melaksanakan akan membantu kita menerobos kekuatan tersebut. Inilah yang dibutuhkan dunia ini. Kita perlu menghidupkan cerita kita dan menyumbangkan kisah yang lebih hebat di sekitar kita.

Jadi Smart Leaders, setelah membaca kutipan di atas, lihatlah ¬†kata-kata yang dicetak miring atau di buat tebal. Itu poin penting yang seharusnya kita sadari dari sekarang. Ketika membaca kutipan di atas, mungkin terbesit di pikiran bahwa Anda tidak yakin siap membuat komitmen.¬†Steven Pressfield, penulis buku¬†The War Of Art,¬†mengidentifikasi keengganan ini, dan menyebutnya sebagai¬†Tindak perlawanan.¬†Dia menulis, ” Ada kekuatan yang menolak hah-hal indah di dunia ini, dan parahnya banyak yang menyerah.”

Nah Smart Leaders, kalau selama ini Anda sering berkata untuk mencoba tetapi tidak ada hasilnya, mimin sarankan untuk sekarang mulailah membuat suatu tindakan yang mencerminkan sikap sesuai dengan perkataan Anda ya Smart Leaders. ūüėÄ

Smart Leaders Indonesia mari bergerak! Semangat!!

~ Artikel ini sudah dibaca 19 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!