fbpx
February 26, 2018

Berikan Evaluasi Supaya Tim Anda Menjadi Lebih Baik

Smart Leaders, pemimpin sukses harus memahami bahwa kunci mengelola tim adalah kemampuan memberikan evaluasi yang jelas dan berguna. Evaluasi yang membangun membutuhkan pemikiran yang berhati-hati.

Memberikan evaluasi tidak boleh dilakukan sembarangan. Memberikan evaluasi harus dilakukan dengan penuh perhatian dan sungguh-sungguh. Anda harus memerhitungkan tipe orang yang Anda hadapi, karena tidak semua orang bisa menerima evaluasi dengan cara yang sama.

Success.com menuliskan ada beberapa cara memberikan evaluasi yang bisa dilakukan supaya anggota tim menjadi lebih baik.

  1. Fokus pada gambaran besar

Evaluasi akan bermanfaat jika dimulai dengan pemahaman akan nilai-nilai perusahaan dan tingkah laku anggota tim di tempat kerja. Ketika seorang pemimpin telah mengerti nilai, visi, dan tujuan besar dari perusahaannya, maka ia akan bisa memberikan evaluasi terhadap kinerja dan tingkah laku anggota timnya.

  1. Lakukan dengan segera dan spesifik

Jangan menunda-nunda memberikan evaluasi kepada tim, lakukan segera. Jangan tunggu evaluasi tengah tahun atau akhir tahun untuk memberikan evaluasi dan evaluasi.

Ketika memberikan evaluasi, lakukan dengan spesifik. Hal ini akan membantu anggota tim memahami apa yang bisa mereka perbaiki dan tingkatkan untuk meningkatkan produktivitas.

  1. Perhatikan pola tingkah laku

Kebanyakan pemimpin memberikan evaluasi berdasarkan suatu kejadian. Pemimpin yang baik akan memberikan evaluasi berdasarkan tingkah laku dan menjadikan suatu kejadian sebagai contoh.

Misalkan, daripada mengevaluasi seorang karyawan yang telat, perhatikan tanda-tanda yang ditunjukkan dalam tingkah lakunya. Ketika dia terus menerus tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu, maka terlambat hanya salah satu tanda ketidakdisiplinannya.

  1. Berikan evaluasi positif dan negatif

Umumnya evaluasi yang diberikan selalu negatif. Seorang pemimpin harus memberikan evaluasi positif terhadap kinerja timnya, di samping evaluasi negatif. Hal ini akan memberikan keseimbangan dan menjaga semangat anggota tim.

Seseorang yang selalu mendapatkan evaluasi negatif cenderung mengalami penurunan kinerja dan produktivitas. Tidak semua orang bisa menerima evaluasi negatif dengan baik, oleh karena itu imbangi dengan memberikan pujian atas prestasi yang dicapainya untuk menjaga semangatnya di dalam tim.

Smart Leaders, memberikan evaluasi sangat penting bagi keberjalanan tim Anda. Evaluasi akan menjadi bahan pembelajaran bagi anggota tim untuk terus bertumbuh menjadi lebih baik.

Kembangkan tim Anda dengan membaca buku pengembangan tim berjudul Empowerment Takes More Than A Minute. 

Sumber: INC-Asean.com

~ Artikel ini sudah dibaca 20 kali

Share yuk!

One thought on “Berikan Evaluasi Supaya Tim Anda Menjadi Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!