fbpx
June 9, 2017

Book Of The Week: How To Influence People, John C. Maxwell

Smart Leaders, Jadilah Pemantik Perubahan.

“Percaya atau tidak, cara paling efektif untuk mengubah dunia adalah dengan mengubah manusianya, satu per satu. Dan Anda melakukannya melalui pengaruh yang Anda berikan.” _John C. Maxwell

Halluuu, bertemu kembali di Book Of The Week kali ini. Salah satu buku dengan pembahasan berat namun bisa membuat hidup bermakna jika kita berhasil mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku itu adalah How to Influence People karya John C. Macwell yang dalam bahasa indonesianya adalah Bagaimana  untuk menjadi pemantik perubahan bagi oarang lain. Nah bagi yang penasaran bagaimana sih cuplikan isi dalam buku ini? Simak yuk 😀

Dalam buku ini, pakar kepemimpinan John C. Maxwell dan rekannya Jim Dornan kembali memukau pembaca dalam buku ini dengan mengupas tuntas cara menanamkan pengaruh yang positif dalam diri setiap orang, mulai dari keluarga, rekan kerja, hingga orang asing yang tidak Smart Leaders kenal. Hebatnya, Smart Leaders tidak perlu memegang jabatan pemimpin untuk melakukannya. Buku ini cukup ringkas jika sebelumnya Anda sudah pernah membaca beberapa buku John C. Maxwell lainnya. Buku ini pula cukup membantu Smart Leaders yang ingin menciptakan atau membawa perubahan tanpa harus didukung oleh jabatan atau titel tertentu.

How to Influence People By mic Publishing
How to Influence People By mic Publishing

Di dalam How To Influence People, Smart Leaders akan belajar tahap demi tahap untuk memberikan pengaruh dan berkembang dari orang yang biasa-biasa saja menjadi seorang mentor terpercaya yang suka menolong, juga mencetak pribadi berpengaruh lainnya. Yang pastinya, bersiap-siaplah, karena ketika Smart Leaders membuat perubahan dalam hidup orang lain, hidup Smart Leaders pasti akan berubah juga.

Semua orang memiliki pengaruh. Jika Anda sangat ingin sukses atau berdampak positif terhadap orang lain bahkan dunia, jadilah sosok pribadi yang berpengaruh. Tanpa pengaruh, tidak ada kesuksesan. Namun, Smart Leaders tidak harus memiliki profesi papan atas loh untuk menjadi pribadi yang berpengaruh. Sesungguhnya, jika kehidupan Smart Leaders dengan cara apapun, Smart Leaders upayakan untuk terhubung dengan orang lain, Smart Leaders dapat memberikan pengaruh. Segala sesuatu halnya yang Smart Leaders lakukan di mana pun Smart Leaders berada akan sangat berdampak pada kehidupan orang lain. Namun sayangnya pengaruh yang Anda berikan tidak akan sama bagi setiap orang.

Tidak Perlu harus berprofesi tinggi untuk memotivasi, via cdn.idntimes.com
Tidak Perlu harus berprofesi tinggi untuk memotivasi, via cdn.idntimes.com

Kenapa setiap pengaruh yang diberikan tidak sama sih bagi setiap orang? Yups, contoh saja misalnya Smart Leaders sedang dalam rapat bersama dengan empat atau lima rekan kerjamu. Ketika Smart Leaders mengajukan ide atau memberi saran, apakah mereka semua merespon dengan cara yang sama? Tentu saja tidak. Seseorang di antara mereka mungkin menganggap semua ide yang Smart Leaders punya menarik. Yang lainnya justru meragukan semua perkataan Smart Leaders. Tentu saja, Smart Leaders dapat mengenali orang mana yang berhasil memiliki pengaruh dari Smart Leaders. Namun, rekan kerja yang skeptic itu bisa saja menyukai setiap ide yang dikemukakan oleh orang lain selain Smart Leaders seperti bosmu atau kolegamu. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh Smart Leaders terhadapnya mungkin tidak sekuat pengaruh Smart Leaders terhadap orang lainnya. Setelah mulai memperhatikan lebih dekat respons orang lain pada diri Smart Leaders dan orang lain, Smart Leaders akan melihat bahwa orang manenggapi satu sama lain sesuai dengan level pengaruh mereka. Smart Leaders akan segera menyadari seberapa besar pengaruh yang Smart Leaders miliki pada berbagai orang dalam kehidupan Smart Leaders.

Pengaruh berfungsi dengan cara yang sama dan bertumbuh secara bertahap. Nah apa saja level itu. Simak yuk 😀

#Level 1: memberi teladan

via entrepreneur.com
via entrepreneur.com

Pertama-tama, kita dipengaruhi oleh apa yang kita lihat. Jika Smart Leaders punya anak, mungkin Smart Leaders sudah mengamati hal ini. Namun jika detik ini Smart Leaders seorang kakak atau adik, Smart Leaders juga akan mengamati hal yang sama dari orang yang lebih tua dari Smart Leaders. Apa pun yang  Smart Leaders katakan pada orang yang akan Smart Leaders beri contoh untuk mereka lakukan, kecenderungan alami mereka adalah mengikuti apa yang mereka lihat yang Smart Leaders lakukan. Jika hampir setiap orang melihat Smart Leaders bersikap positif, terpercaya, serta memiliki kualitas terpuji pasti akan memandang Smart Leaders sebagai sosok yang berpengaruh dalam hidup mereka. Semakin mereka mengenal Smart Leaders, semakin besar kredibilitas Smart Leaders dan semakin tinggi pula level pengaruh Smart Leaders terhadap mereka semua.

 

#Level 2: memotivasi

via redbooth.com
via redbooth.com

Jika Smart Leaders ingin membuat dampak yang berarti pada kehidupan orang lain, Smart Leaders harus melakukannya dari dekat. Kenyataan ini membawa ke level kedua dari pengaruh: memotivasi. Smart Leaders akan menjadi pribadi berpengaruh yang memotivasi dengan mendukung orang lain dan berkomunikasi hati ke hati dengan mereka. Proses ini melakukan dua hal: (1) membangun jembatan antara Smart Leaders dan mereka, serta (2) membangun kepercayaan diri dan perasaan berarga dalam diri mereka. Ketika orang lain merasa nyaman dengan Smart Leaders dan diri mereka saat bersama-sama dengan kamy, maka level pengaruh Anda akan meningkat drastis.

 

#Level 3: mementoring

via www.popsugar.com
via www.popsugar.com

Ketika Smart Leaders sampai pada level pengaruh karena memotivasi orang lain, Smart Leaders mulai melihat dampak positif dalam hidup mereka. Untuk meningkatkan pengaruh itu dan membuatnya bertahan lama, Smart Leaders harus bergerak ke level pengaruh yang lebih tinggi, yaitu mentoring. Mentoring berarti mencurahkan hidup Smart Leaders bagi orang lain dan membantu mereka memaksimalkan potensi. Saat Smart Leaders memberi diri, membantu mereka mengatasi rintanga kehidupan serta mengajari mereka cara bertumbuh secara pribadi dan profesional, Smart Leaders membantu mereka mencapai level kehidupan yang lebih tinggi. Smart Leaders benar-benar dapat memantik perubahan dalam hidup mereka.

 

#Level 4: melipatgandakan

via pbs.org
via pbs.org

Level pengaruh tertinggi yang dapat Smart Leaders lakukan selanjutnya dan dapat Smart Leaders miliki dalam hidup orang adalah melipatgandakan. Sebagai pribadi berpengaruh yang melipatgandakan, Smart Leaders membantu orang yang Smart Leaders pengaruhi untuk menjadi pribadi yang menanamkan pengaruh positif dalam hidup orang lain dan meneruskan bimbingan yang telah mereka terima dari Smart Leaders. Lengkap dengan apa yang mereka pelajari dan kumpulkan sendiri. Hanya segelintir orang yang berhasil sampai ke level ini loh. Tetapi semua orang bisa melakukannya. Yang kita perlukan hanyalah sikap tidak mementingkan diri sendiri, murah hati, dan mau berkomitmen. Juga perlu waktu. Untuk bergerak menaiki level pengaruh terhadap sesame, Smart Leaders harus lebih memperhatikan setiap individu.

Saling menjadi motivator dan pemantik perubahan untuk lingkungan dan diri sendiri, via epsfamily.com
Saling menjadi motivator dan pemantik perubahan untuk lingkungan dan diri sendiri, via epsfamily.com

Guys, tidak ada yang tahu apa impian setiap orang dalam hidupnya, atau apa yang diinginkan sebagai warisan yang akan mereka tinggalkan bagi sanak keluarga maupun orang lain. Namun, jika Smart Leaders ingin berdampak, dari sekarang jadilah pribadi yang mampu memengaruhi orang lain dan membawa perubahan. Hanya dengan itulah Smart Leaders akan dapat menyentuh kehidupan orang lain secara efektif. Jika Smart Leaders menjadi seorang pribadi yang sangat berpengaruh, mungkin suatu hari nanti, ketika seseorang menyusun daftar nama orang yang membawa perubahan dalam hidupnya, nama Smart Leaders bisa saja tertera di sana.

~ Artikel ini sudah dibaca 93 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!